TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Survei Terbaru Pilgub Jakarta, Pramono-Rano Salip RIDO

Laporan: AY
Kamis, 24 Oktober 2024 | 09:00 WIB
Pasangan Pramono-Rano Karno. Foto : Ist
Pasangan Pramono-Rano Karno. Foto : Ist

JAKARTA - Peta elektabilitas di Pilgub Jakarta mengalami perubahan. Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), pasang nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno, menyalip pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK)-Suswono.

Survei ini dilakukan 10-17 Oktober 2024 terhadap 1.200 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Responden berasal dari seluruh kota administratif di Jakarta yang terdistribusi secara proporsional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random. Margin of error survei plus minus 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei ini memberikan kejutan. Dalam survei-survei sebelumnya, pasangan RK-Suswono selalu unggul dari Pramono-Rano, bahkan sampai dua digit. Namun, dalam survei ini, Pramono-Rano sudah ada di posisi pertama.

“Pram-Rano mendapatkan elektabilitas sebesar 41,6 persen, menyalip RK-Suswono dengan 37,4 persen dan meninggalkan Dharma-Kun (pasangan nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana) 6,6 persen,” ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam paparannya, Rabu (23/10/2024).

Namun demikian, kata Djayadi, Pram-Rano belum aman. Karena selisihnya dengan RK-Suswono hanya 4 persen, sangat dekat dengan margin of error. Selain itu, masih ada 14,4 persen responden yang belum menetapkan pilihan.

Secara statistik, Pramono-Rano sama kuat dengan RIDO, cuma angka absolutnya itu cenderung menunjukkan keunggulan di Pramono-Rano,” ujarnya.

Melihat hasil survei beberapa waktu lalu, elektabilitas Pram-Rano konsisten mengalami kenaikan. Sementara, RK-Suswono terus turun. Jika dibandingkan dengan survei LSI pada 6-12 September 2024, elektabilitas Pram-Rano mengalami kenaikan sekitar 13 persen. Sementara, elektabilitas RK-Suswono turun sebesar 14-15 persen. Sedangkan, Dharma-Kun naik 2 kali lipat jadi 6 persen.

“Penurunan yang dialami RK-Suswono itu karena pendukungnya cenderung pindah. Lebih dari 10 persen itu pindah ke Pram-Rano,” terang Djayadi.

Dalam survei ini diketahui, beberapa faktor yang membuat pendukung RK-Suswono pindah ke Pram-Rano. Di antaranya: faktor pengalaman di pemerintahan sebesar 23,1 persen, jujur dan bersih dari korupsi 15,4 persen, serta sudah terbukti nyata hasil kerjanya 11,5 persen.

Lalu, ada faktor ketertarikan responden terhadap calon wakil gubernur. Di sisi ini, Rano Karno menempati urutan atas dengan raihan 67,1 persen. Sedangkan Suswono hanya 14,8 persen, dan Kun Wardana 2,0 persen.

Rano Karno dianggap wakil gubernur yang paling baik menurut warga,” ungkap Djayadi.

Faktor selanjutnya adalah hasil debat perdana, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024). Dari 30 persen responden yang mengaku menyaksikan debat, Pram-Rano mendapat dukungan lebih banyak karena dianggap unggul.

Sebanyak 46,3 persen responden menyatakan, Pram-Rano yang tampil paling baik dalam debat tersebut. Sementara, yang menyatakan RK-Suswono tampil lebih baik 33,3 persen. Sedangkan yang menyatakan Dharma-Kun paling baik 7,6 persen.

Mendengar hasil survei LSI ini, Pramono berseri-seri. Mantan Sekretaris Kabinet ini bersyukur karena kerja keras timnya selama ini mulai terlihat. Ia pun meminta tim suksesnya untuk bekerja lebih keras lagi.

“Untuk bisa mempertahankan, menjaga momentum yang baik ini," kata mantan Sekjen PDIP ini, di Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2024).

Dari pihak RK-Suswono, berusaha tenang dengan hasil survei ini. Juru Bicara Tim Pemenangan RK-Suswono, M Kholid, menyebut bahwa setiap lembaga survei punya metode yang berbeda.

“Insya Allah ini akan menjadi motivasi bagi kami dan tim untuk bekerja lebih baik lagi,” kata Kholid, Rabu (23/10/2024).

Komentar:
Berita Terkini
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo