TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Aktivitas Jokowi Setelah Pensiun, Terima Pejabat UEA Dan Diundang Arisan RT

Laporan: AY
Jumat, 25 Oktober 2024 | 09:01 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SOLO - Setelah pensiun, Presiden ke-7 RI, Jokowi masih beraktivitas di kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Terbaru, Jokowi terima pejabat dari Uni Emirat Arab (UEA) di rumahnya. Yang menarik, Jokowi juga diundang arisan oleh Pak RT di tempat tinggalnya.

Momen saat menerima pejabat dari UEA dibagikan Jokowi lewat akun Instagram pribadinya @jokowi, Kamis (23/10/2024). Pejabat yang datang adalah Menteri Toleransi dan Koeksistensi UEA, Sheikh Nahyan bin Mubarak Al Nahyan bersama rombongan. Sheikh Nahyan menyambangi kediaman Jokowi, di Sumber, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/10/2024).

Rombongan Sheikh Nahyan tiba di kediaman Jokowi sekitar jam 1 siang. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan keluarga didampingi Penjabat Sementara Wali Kota Solo, Dhoni Widianto. Pertemuan berlangsung selama 30 menit. Setelah itu, Sheikh Nahyan bersama rombongan melanjutkan agenda kunjungan ke Masjid Raya Sheikh Zayed, yang menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dengan UEA.

Momen pertemuan hangat ini, dibarengi dengan makan siang. Keduanya bertukar cerita dan inspirasi.

"Menteri Toleransi dan Koeksistensi Uni Emirat Arab (UEA), HH Sheikh Nahyan bin Mubarak Al Nahyan yang kemarin menyempatkan mampir ke rumah kediaman. Kami menikmati makan siang yang berkesan sambil bertukar cerita dan inspirasi," tulis Jokowi, di Instagram pribadinya, Kamis (24/10/2024).

“Beliau ke Kota Solo ingin mengunjungi Masjid Sheikh Zayed dan Rumah Sakit Jantung yang saat ini tengah dibangun oleh pemerintah UEA,” lanjutnya.

Setelah pertemuan, Jokowi secara pribadi mengantar Sheikh Nahyan ke mobilnya, menunggu hingga rombongan meninggalkan lokasi.

Diundang Pengurus RT

Selain didatangi pejabat tinggi, ternyata ada juga tamu dari masyarakat biasa. Salah satunya, tamu yang berasal dari RT tempat Jokowi tinggal. Pengurus RT datang untuk mengundang Jokowi hadir di acara arisan dan rapat. 

Ketua RW 07 tempat tinggal Jokowi, Ariyanto Rinto Suyono membenarkan kabar tersebut. Kata Rinto, pihaknya memang mengundang Jokowi untuk mengikuti rapat warga hingga arisan bapak-bapak. 

"Saya dapat informasi dari Pak RT beberapa hari lalu, beliau (Jokowi) akan diundang rapat RT," ujar Ketua RW 07 Rinto. 

Kemungkinan, tambahnya, undangan tersebut rutin dikirimkan ke Jokowi. "Nanti diundang sebulan sekali, paling nanti rapat warga atau arisan bapak-bapak," sambung Rinto. 

Kendati demikian, dia menyatakan tidak mewajibkan Jokowi datang bila ada undangan rapat atau arisan RT. Terpenting, ada perwakilan atas nama Jokowi. "Tidak masalah kalau diwakilkan. Saya juga tahu, mohon maaf, RT maupun RW itu apa ya. Kalau beliau mantan Presiden harus datang, yo enggak, mudah-mudahan hadir, terpenting iuran," sebutnya. 

Ariyanto menjelaskan iuran yang dimaksud adalah iuran wajib sebulan sekali untuk mengisi kas RT. Uang iuran itu juga untuk membayar jasa angkutan sampah. "Beliau juga dulu sering menghadiri acara pertemuan di kampung sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo," sebut Rinto. 

Sebelumnya, Jokowi juga mengabarkan salah satu kegiatannya. Bersama Ibu Iriana, Jokowi makan tongseng di salah satu rumah makan, di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Momen itu, dibagikan Jokowi melalui unggahan Instastory di Instagram @jokowi, Selasa (22/10/2024). Jokowi makan tongseng tersebut pagi hari, fotonya baru diunggah setelah pukul 12.00 WIB.

Jokowi dan Ibu Iriana keluar rumah, yang beralamat di Jalan Kutai Utara I, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, sekitar pukul 09.00 WIB. Jokowi dan Ibu Iriana keluar dengan naik mobil Toyota Fortuner berwarna hitam. Tidak ada iring-iringan yang ikut dengan Jokowi. Hanya ada satu mobil Paspampres yang mengikuti di belakang. Itu pun dengan mobil biasa, bukan jenis patwal polisi atau pengawalan lain.

Jokowi meluncur ke selatan menuju Jalan Letjen Suprapto. Di Simpang Sate Pak Dahlan, mobil yang ditumpangi Jokowi berhenti sejenak untuk menunggu lampu hijau. Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan hingga Jalan Ahmad Yani. Saat itu, publik belum tahu tujuan Jokowi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo