TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Lokasi Debat Ke Dua Dipindah,1.890 Petugas Siaga Di Ancol

Laporan: AY
Minggu, 27 Oktober 2024 | 10:06 WIB
Debat pertamaCagub-cawagub DKI Jakarta. Foto : Ist
Debat pertamaCagub-cawagub DKI Jakarta. Foto : Ist

JAKARTA - Hari ini, ketiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta akan menjalani debat kedua. Demi alasan keamanan, lokasi debat dipindahkan. Selain itu, 1.890 personel TNI-Polri dikerahkan untuk menjaga keamanan.

Awalnya, KPU Jakarta menetapkan Ecovention, Ancol, Jakarta Utara menjadi tempat berlangsungnya debat kedua. Namun, demi alasan kemanan, acara ini dipindah ke Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Jakarta Utara.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari memberi alasan kenapa lokasi debat dipindahkan. Kata dia, pemindahan dilakukan karena pada hari yang sama akan berlangsung festival musik yang dihadiri sekitar 20 ribu penonton.

“Setelah kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan juga pihak pengelola Ancol, maka kemudian dari pihak kepolisian menyarankan agar lokasinya dipindah,” kata Astri di Kantor KPU Jakarta, Sabtu (26/10/2024).

Alasan lainnya, karena khawatir ada penumpukan massa di saat yang bersamaan. Apalagi, jarak lokasi festival musik dengan Ecovention terbilang dekat, hanya 500 meter.

Kenapa BCIS? Kata Astri, pihaknya tengah berupaya mencari lokasi yang dapat menampung banyak orang. Namun, karena keterbatasan waktu dan tempat, akhirnya dipilih BCIS.

Tak hanya itu, Astri turut menuturkan bahwa dari segi keamanan dan polisi sudah menyetujui BCIS menjadi lokasi debat untuk menggantikan Ecovention.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Polisi Ahmad Fuady mengatakan, sebanyak 1.890 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan jalannya debat kedua. Petugas juga akan menurunkan tim K9 atau satuan satwa untuk melakukan pengamanan di lokasi debat tersebut.

Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan debat,” ungkap Fuady.

Adapun, debat kedua Pilgub Jakarta ini akan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial. Kemudian, akan ada enam sub tema di dalam debat tersebut.

Bagaimana persiapan kontestan? Cagub DKI nomor urut satu Ridwan Kamil (RK) tidak mempersoalkan lokasi debat yang dipindah. Mengingat, hal itu hanya persoalan teknis debat. “Mau di ujung dunia, kita datangin aja,” cetusnya di Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2024).

Cawagub DKI nomor urut 2 Kun Wardana mempersiapkan materi prioritas. Di antaranya tentang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan konektivitas informasi. Kun juga akan menekankan pemberdayaan UMKM untuk mengubah kebiasaan konsumtif masyarakat menjadi produktif.

Cagub DKI nomor urut 3 Pramono Anung sudah menyiapkan tiga isu utama: ekonomi, SDM, dan pengembangan UMKM, juga transportasi. Meski sebenarnya dirinya dan Rano Karno sudah sering membeberkan program-program yang berkaitan dengan tiga hal itu.

Hanya saja, dalam debat nanti, Pramono akan menjelaskan secara mendalam pada saat debat berlangsung. Di antaranya mengenai Transjabodetabek atau Jakarta Funding, dan pembangunan perumahan di Jakarta.

Pramono juga akan menyampaikan program untuk mendukung UMKM yang saat ini menghadapi tantangan permodalan. “Angkanya sudah ada yaitu 300 miliar rupiah,” kata politisi PDIP ini.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo