TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran Blusukan Pake Mobil Innova RI-2

Laporan: AY
Senin, 28 Oktober 2024 | 10:36 WIB
Wapres Gibran di Pasar Gotong Royong, Kota Magelang. Foto : Ist
Wapres Gibran di Pasar Gotong Royong, Kota Magelang. Foto : Ist

MAGELANG - Seusai retreat bersama anggota Kabinet Merah Putih di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka langsung blusukan ke pasar tradisional setempat. Putra sulung Jokowi ini berangkat menggunakan mobil Toyota Innova dengan pelat nomor RI-2.

Retreat Kabinet Merah Putih ditutup Minggu pagi (27/10/2024). Beres acara, Gibran tak langsung kembali ke Jakarta. Dia memilih mengunjungi Pasar Gotong Royong, Magelang, Jawa Tengah.

Gibran tiba di pasar sekitar pukul 9.55 WIB. Kehadirannya langsung disambut antusias warga sekitar, pengunjung pasar, dan para pedagang. Mereka berebut bersalaman dan mengabadikan kehadiran Gibran. Dengan ramah, Gibran meladeni permintaan mereka satu per satu.

Di dalam pasar, Gibran berkeliling ke lapak para pedagang dan bertanya mengenai harga sejumlah kebutuhan pokok. Selama hampir satu jam, Gibran serius berdialog dengan pelaku pasar. Sebelum pulang, Gibran juga belanja dengan membeli jajanan khas Magelang berupa pothil. Tak ketinggalan cabe keriting, cabe merah, labu siam, minyak goreng, keripik singkong, dan berbagai barang lain.

Gibran mengatakan, kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah untuk memastikan stabilitas harga kebutuhan pokok dan keberlanjutan pasar tradisional di tengah tekanan pasar modern. Mantan Wali Kota Solo ini berpendapat, pengendalian harga kebutuhan pokok dan revitalisasi pasar tradisional adalah hal penting, agar pasar tetap hidup dan perekonomian masyarakat di sekitarnya juga hidup.

Dengan kunjungan ini, Gibran berharap pasar tradisional di Magelang dapat terus berkembang menjadi pilar ekonomi yang kuat bagi masyarakat.

“Pemerintah akan terus mendorong revitalisasi pasar tradisional agar tetap hidup dan memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitar. Selain itu, stabilitas harga bahan pokok akan terus kita kawal bersama,” ujar Gibran, lewat akun Instagram @gibran_rakabuming, Minggu (27/10/2024).

Sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Jakarta, Gibran membagikan sejumlah bingkisan kepada warga yang berisi beras, gula, minyak goreng, hingga roti kering. Tak lupa suami Selvi Ananda ini turut memberikan susu dan buku tulis, yang biasa dilakukan saat blusukan. Warga yang menerima langsung semringah dengan sinar mata yang berbinar.

“Alhamdulillah, bersyukur dapat susu dari Wakil Presiden. Semoga maju terus, bisa memberikan modal kepada rakyat kecil atau yang membutuhkan," ucap salah seorang warga.

Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi menyatakan, kehadiran Gibran merupakan suntikan semangat buat warga dan para pedagang pasar. “Semoga ada hikmah yang baik bagi pasar ini," ujar Hamzah.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Mikro (DPPKUM) Kota Magelang, Syaifullah menerangkan, Gibran lebih banyak berinteraksi dengan pedagang saat blusukan serta memborong barang dagangan yang ada di kios mereka.

“Tadi saya lihat belanja cabe terus ada minyak. Ada macam-macam tadi, jajanan-jajanan. Tadi beliau ngersakke (mencicipi) pothil khas Magelang dan slondok. Itu saja," katanya.

Di media sosial, marga dunia maya mengaku salut dengan Gibran yang tidak kenal lelah untuk mengunjungi masyarakat bawah dengan aksi blusukannya.

"Tak kenal lelah, selesai pembekalan Presiden langsung blusukan menemui masyarakat sekitar Akmil, Mas Wapres ke Pasar. Mantab," tulis akun @Lembayung071. "Hati-hati ya Mas e, nanti diserbu emak-emak lho," canda akun @ImaginarySteady.

Meski begitu, tetap ada netizen yang julid dengan aksi blusukan Gibran yang dianggap meniru gaya Jokowi. “Aktif banget ya Bun, Wapres Gibran bagi-bagi susu dan buku di Magelang. Yang dilakukan ini persis dengan apa yang dilakukan Bapaknya,” tulis akun @CakKhum.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo