TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

PLNG Forum 2022, PJ Gubernur Banten: Kita Berperan Aktif Menjaga Lingkungan

Laporan: MG.i/RMN
Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:11 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

TANGERANG, Pejabat (PJ) Gubernur Banten, Al Muktabar, hadiri PEMSEA Network of Local Government (PLNG) Forum 2022 di Hotel Atria, Gading Serpong, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan forum diskusi ini diikuti oleh 11 negara selama 25 - 29 Oktober 2022, dengan pembahasan utamanya terkait dengan kondisi dan pengembangan kawasan pantai dari ke-11 negara tersebut, seperti yang dijelaskan oleh Al Muktabar.

“Jadi tadi seperti yang telah rekan-rekan saksikan bersama, ada kerja sama antar negara, 11 negara yang akan bertukar informasi kemudian riset beberapa hal yang terkait dengan kawasan pantai dari masing-masing negara yang kita tergabung tadi,” jelasnya.

Adapun tujuan dari forum diskusi ini adalah untuk memperkuat pengembangan dan pemberdayaan di wilayah pesisir, serta mencari solusi bersama dari permasalahan lingkungan yang ada. 

“ Tentu Provinsi Banten dan dalam kapasitas ini Pak Bupati, menginisiasi satu pertemuan internasional untuk kita memperkuat pemberdayaan pemanfaatan dan mencari solusi-solusi atas kemungkinan adanya efek-efek lingkungan, dan kita perlu menjaga tata kelola kawasan pantai dan praktek-praktek lain,” ucapnya.

Kali ini, Ketapang Urban Aquaculture di Desa Ketapang, Tangerang, akan menjadi pusat perhatian PLNG.

Pengembangan Desa Ketapang  ini dalam PLNG Forum 2022, menjadi sebuah pesan dari Indonesia untuk dunia bahwa Indonesia juga berperan aktif dalam menjaga ekosistem lingkungan.

“Jadi di Kabupaten Tangerang yang tentunya Provinsi Banten, bisa persembahkan paling tidak ke 11 negara anggota bersama kita dan juga ke dunia internasional bahwa Indonesia dalam hal ini melakui Banten, melalui Kabupaten Tangerang, kita berperan aktif dalam upaya kita menjaga lingkungan hidup,” katanya.

Tak tanggung-tanggung, Desa Ketapang ini juga akan menjadi contoh pembangunan di wilayah-wilayah pesisir lainnya. Sedikitnya, terdapat 4 wilayah lainnya yang akan mulai dibangun di 2023.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang turut membuka kegiatan PLNG Forum 2022 ini, menjelaskan bahwa model pengembangan dan pemberdayaan di Desa Ketapang ini akan diikuti di 4 kawasan pesisir lainnya.

“Kabupaten Tangerang sendiri, Ketapang, bukan yang pertama, kedua bahkan, dari Kohod terus kemudian kita ke Ketapang, tapi model di Ketapang ini nanti akan menjadi percontohan bagi kawasan-kawasan desa pesisir pantai lain yang Insha Allah di 2023 nanti kita mulai bangun, yaitu ada 4, jadi yang lainnya ada 4 selain Ketapang,” jelas Ahmed Zaki.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo