TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Kopi Jadi Primadona Pengunjung Pameran

12 Ton Ludes Terjual Di Jakreatifest 2022

Laporan: AY
Senin, 20 Juni 2022 | 06:40 WIB
Kopi menjadi primadona selama JaKreatiFest yang berlangsung di Gedung Sarinah. Foto ; Istimewa
Kopi menjadi primadona selama JaKreatiFest yang berlangsung di Gedung Sarinah. Foto ; Istimewa

JAKARTA - Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Widjanarko mengaku puas dengan pergelaran Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) yang digelar di Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, sejak 16-18 Juni 2022. Antusiasme pengunjung dan kualitas produk usaha mikro kecil menengah UMKM yang dipamerkan, dinilai sudah sangat baik dan mampu menarik pembeli dari berbagai daerah.


"Target transaski JaKreatiFest 2022 selama tiga hari penyelenggaraan Rp 5,2 miliar. Semoga angka transaksi yang didapat nilainnya lebih besar, mengingat antusiasme pengunjung online dan offline jumlahnya cukup banyak, yakni 7.000 orang," kata Onny kepada wartawan saat menutup JaKreatiFest 2022, Sabtu (18/6).


Onny mengatakan, produk UMKM primadona yang banyak diminati adalah kopi. Dalam kurun waktu tiga hari, sebanyak 12 ton kopi dari berbagai daerah laris dipesan, dan semua pembelinya dari Jakarta.

"Ternyata, saya baru tahu di Jakarta saat ini terdapat ribuan kedai kopi. Jadi, memang Ibu Kota Negara ini masih menjadi magnet pasar yang besar bagi para produsen untuk menawarkan produk berkualitas buatannya," kata Onny lagi.

Onny menuturkan, berdasarkan cerita para pedagang kopi, banyak para pembeli yang langsung melakukan transaksi di lokasi pameran atau memasan via online hanya untuk sekadar meminta contoh barang. Tetapi sebagaian besar dari mereka sudah melakukan pemesanan dan minta pengiriman rutin hingga 50 kg setiap bulannya.


"Kita juga kerja sama dengan Sarinah, agar UMKM bisa terus naik kelas. Sarinah merupakan pusat retail UMKM yang produknya masuk kategori premium. Jadi kualitas produknya memang sudah sangat baik, dan bisa untuk ekspor," katanya.

Selain itu lanjut dia, dalam JaKreatiFest ini bukan hanya menargetkan besarnya transaksi yang didapatkan, tetapi harapan terbesarnya adalah efek dari pagelaran ini untuk terus mendorong pelaku UMKM agar selalu meningkatkan kualitas produk dagangannya.


"Kalau kualitas barang yang dihasilkan bisa premium, sudah pasti harganya juga akan menjadi premium dan produk itu juga akan dijajakan oleh toko yang premium pula," ujarnya.


Lebih jauh Onny mengatakan, pihaknya berterima kasih atas dukungan dari Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Koperasi, dan Kementerian Pariwisata. Semua sepakat, secara bersama menjadikan UMKM Indonesia naik kelas. (MS/AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo