TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Segera Banjiri Pasar Sembako

Oleh: KIKI ISWARA DARMAYANA
Sabtu, 18 Maret 2023 | 07:05 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

TANGSEL - Sepekan menjelang bulan Puasa, kebutuhan rakyat terhadap sembako naik signifikan. Melonjaknya permintaan sembako, langsung diikuti dengan kenaikan harga meski masih dalam taraf yang wajar.

Kita berharap, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota bergerak cepat membanjiri pasar rakyat dan pasar tradisional dengan beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu dan telur. Upaya ini penting untuk mencegah terjadinya lonjakan harga yang gila-gilaan.

Kalau stok sembako di pasar rakyat dan pasar tradisional berlebih, para spekulan tak akan berkutik. Untuk itu, pihak Kementerian Perdagangan, Bulog, BUMN Pangan dan pemerintah daerah mesti bekerja keras menjaga kelancaran pasokan sembako ke pasar rakyat dan pasar tradisional.

Begitu ada tanda-tanda stok beras, gula pasir dan minyak goreng di pasar menipis, Bulog dan BUMN Pangan mesti secepatnya membanjiri pasar dengan beras, gula pasir dan minyak goreng.

Setelah pasar dibanjiri, kita berharap Bulog, BUMN Pangan bersamasa pemerintah daerah selama bulan Puasa menggelar operasi pasar sembako seminggu sekali. Dengan operasi pasar, orang-orang yang ada di level paling bawah bisa memperoleh beras, gula pasir dan minyak goreng dengan mudah dan murah.

Kita juga berharap, untuk orang orang sangat miskin dan korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), segera disiapkan bansos beras, gula pasir dan minyak goreng.

Kalau memungkinkan, bansos diberikan dua kali. Yaitu pada pekan pertama Puasa dan pekan terakhir menjelang Lebaran.

Dalam proses penyaluran bansos sembako tak boleh ada lagi permainan. Tak boleh terjadi lagi korupsi. Semua bansos harus sampai ke tangan mereka yang berhak.

Kita berharap, ke depan ini, pihak KPK (Komisi Pemberantasan Ko rupsi) dan Kejaksaan Agung ikut mengawasi penyaluran bansos. Selain bansos sembako, kita juga berharap untuk orang-orang di level paling bawah, ada bansos uang tunai. Ini penting, supaya mereka bisa membeli lauk pauk.

Sekali lagi, pemerintah harus secepatnya menyiapkan stok sembako dalam jumlah besar. Supaya, rakyat kecil bisa mendapatkan sembako murah, operasi pasar mesti dilakukan mulai pekan depan. Dan, ini bisa di awali dengan menggelar pasar murah di daerah padat penduduk.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo