TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Erick: Pemerintah Siapkan Rp 32,7 Triliun Untuk Perbaiki Jalan

Oleh: Farhan
Jumat, 05 Mei 2023 | 21:03 WIB
Menteri Erick Thohir bersama Presiden Jokowi ketika sidak di Lampung, Jumat (5/5) Foto : Setpres
Menteri Erick Thohir bersama Presiden Jokowi ketika sidak di Lampung, Jumat (5/5) Foto : Setpres

LAMPUNG - Presiden Jokowi menyiapkan dana sebesar Rp 32,7 triliun, untuk memperbaiki jalan-jalan provinsi yang rusak. Dana dari pemerintah pusat itu juga sudah ada instruksi presiden (inpres) nya.

Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat ikut mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5).

"Pak Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ada Rp 32,7 triliun untuk perbaikan jalan provinsi dari pemerintah pusat yang sudah ada instruksi presidennya. Jadi ini sesuatu yang luar biasa oleh bapak Jokowi," kata Erick, lewat swavideo yang diterima Redaksi, Jumat (5/5).

Dalam rekaman swavideo itu, Erick tampak sedang berjalan di tengah kerumunan warga Lampung. Jalanan yang ditapaki Erick terlihat belum teraspal dan berdebu.

Sejumlah teriakan histeris warga juga terdengat cukup ramai menyapa presiden Jokowi. Di tengah-tengah kerumunan itu juga terlihat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam swavideo lainnya, Erick tampak tengah berjalan kaki di ruas jalan yang sedang diperbaiki. "Cek jalan, ada perbaikan semua hari ini. Alhamdulillah," sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pernah menyampaikan bahwa dari sekitar 480 ribu kilometer jalan kabupaten/kota di seluruh daerah, hanya 42 persen di antaranya yang dalam kondisi baik. Karena itu, pemerintah menargetkan ada 65 persen jalan daerah dalam kondisi baik hingga 2024 nanti.

Seperti diketahui, presiden Jokowi terbang ke Lampung mengecek jalan rusak, yang sempat viral di media sosial. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi turut didampingi oleh Mendag Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Kepala negara mengatakan, pemerintah pusat (pempus) akan mengucurkan anggaran sekitar Rp 800 miliar khusus untuk perbaikan jalan rusak di Provinsi Lampung. Hitungan Jokowi, akan terdapat 15 ruas jalan yang akan diperbaiki oleh pempus.

"Tahun ini pemerintah pusat khusus untuk Lampung akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp 800 miliar untuk 15 ruas jalan termasuk ini," ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing. Diantaranya pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota. 

Kendati demikian, Presiden menegaskan bahwa pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan di Lampung. “Karena memang sudah lama ya, akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” imbuhnya. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo