TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Unggah Video Di YouTube

Kaesang Siap Maju Jadi Wali Kota Depok

Laporan: AY
Minggu, 11 Juni 2023 | 11:49 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep angkat bicara soal rencananya maju di Pilkada Depok 2024. Melalui kanal YouTube pribadinya, dia menegaskan, siap jadi Wali Kota Depok.

Video berdurasi 1.45 detik yang diunggah Kaesang di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat itu, berjudul ‘Klarifikasi. Saya Buka Suara’. Hingga tadi malam, video tersebut telah ditonton 74 ribu orang.

Video diawali dengan tangkapan layar dari pertanyaan-pertanyaan netizen tentang keberadaan Kaesang, yang beberapa hari belakangan tidak upload video. Lalu dilanjutkan dengan beragam pertanyaan dari narator kepada Kaesang mengenai calon narasumber yang akan diundang di kanal YouTube-nya.

Jawaban Kaesang irit. Hanya mendehem. Narator pun gregetan, hingga puncaknya Kaesang menunjukan cuplikan berita yang berisikan foto dirinya dipajang PSI sebagai calon Wali Kota Depok.

“Bentar-bentar, aku tuh lagi fokus,” jawab Kaesang, sembari menggeser monitor komputernya yang menggambarkan dukungan PSI kepada dirinya untuk maju di Pilkada Depok.

Setelah itu tiba-tiba muncul gambar Kaesang yang mengenakan kemeja putih dan peci hitam dengan background bendera merah putih, meminta dukungan dan doa untuk maju sebagai calon wali kota Depok. Diawali dengan kata salam dari suami Erina Gudono itu. Dilanjutkan dengan kata dirinya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga.

“Saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. Dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama,” kata Kaesang.

Video ditutup dengan ucapan merdeka sambil mengepalkan tangan sedada, tanda semangat. “Mohon dukungannya, merdeka,” lanjut dia.

Video ini pun ramai jadi pembicaraan para elite parpol. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, akan menerapkan proses kaderisasi kepada Kaesang sebelum maju jadi cawalkot. “Siapa pun yang akan menjadi calon kepala daerah, termasuk misalnya Mas Kaesang dan sebelumnya Mas Gibran, partai menerapkan mekanisme kaderisasi,” cetus Hasto di Jakarta, kemarin.

Mekanisme kaderisasi itu diterapkan melalui sekolah partai. Sejumlah pengajar di sekolah tersebut merupakan kader PDIP. Antara lain Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas. “Jadi semua dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” tambah Hasto.

Namun, dia mengatakan yang menjadi skala prioritas PDIP saat ini adalah memenangkan Pileg dan Pilpres. Kemudian pada November 2023, pihaknya baru akan membahas tentang Pilkada.

Sekiranya Mas Kaesang tertarik ya akan kita ikutkan dalam suatu proses pendidikan dan kaderisasi untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin,” jelas dia.

Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani juga ikutan komentar. Dia bilang, Gerindra siap mengakomodir keputusan politik Gibran di 2024. Gerindra akan memberikan tiket kepada Gibran untuk maju di Pilwalkot Depok.

“Saya mengatakan kepada kawan-kawan semuanya bahwa kabar akan majunya Kaesang menjadi wali kota Depok bila ini benar tentu bagi kami adalah kabar yang menggembirakan, terutama bagi masyarakat Depok,” papar

Menurut Muzani, Kota Belimbing perlu sentuhan anak muda yang memiliki kreativitas dan inovasi. Kaesang dinilai sebagai sosok yang memiliki kemampuan dalam melakukan hal itu.

Sementara PSI, partai yang sejak awal getol mendorong Kaesang maju dalam Pilwalkot Depok menyambut baik pernyataan Kaesang. PSI akan all out untuk memenangkan Kaesang.

“All out dalam arti akan mempersiapkan saksi di seluruh TPS di Kota Depok, guna menjaga suara kita untuk sebanyak-banyaknya kita dapatkan kursi di sana untuk usung Kaesang,” terang Ketua DPW PSI Jawa Barat, Marshall.

Seberapa kuat peluang Kaesang. Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis, Agung Baskoro, menilai, peluang Kaesang nyawalkot terbuka, sekaligus memenangkan pertarungan di tengah perkembangan Depok sebagai kota yang belum optimal.

“Selain muda dan baru dalam artian membawa element of surprise (wow factor) di dunia politik, suka atau tidak, Kaesang membawa nama besar Sang Ayah yang sampai 19 Oktober 2024 nanti sebagai Presiden,” tutur Agung kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Grup) kemarin.

Netizen pun ramai-ramai mendukung Kaesang berkiprah di kancah politik nasional. “Gue orang Depok majulah, biar gue nggak golput lagi,” twit akun @agusreog. “Kaesang dah mantap maju jadi wali kota Depok,” timpal @ArmiSatria8.

Akun @InsaniBeta berharap parpol ramai-ramai memberikan tiket Pilkada Depok ke Kaesang. “Kalau kendaraannya cuma PSI dipastikan nyungsep, bahkan tenggelam,” tukasnya. “Sebagai warga Cinere, saya terserah aja,” pungkas @tertiaaoptioo.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo