TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bertemu Hari Ini Di GBK, Puan-AHY Omongin Politik Sambil Olahraga

Laporan: AY
Minggu, 18 Juni 2023 | 08:27 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Puan Maharani rencananya hari ini akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Mereka akan omongin politik sampai berolahraga.

Rencana pertemuan Puan dan AHY ini di ungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat ditemui di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo, Jakarta Pusat, kemarin. 

Hasto mengatakan, persiapan pertemuan Puan dan AHY sudah beres. Penanggung jawabnya adalah Ketua Fraksi PDIP di DPR Utut Adianto dan Alex Indra Lukman. Utut dan Alex bergerak mempersiapkan pertemuan atas instruksi Puan. 

"Sudah mendapatkan arahan dari Mbak Puan Maharani bahwa pertemuan dengan Mas AHY akan dilakukan besok pagi (hari ini) di GBK," kata. 

Menurut Hasto, dialog antara partainya dengan Demokrat dilakukan secara konstruktif. Pertemuan ini untuk membahas berbagai kepentingan bangsa dan negara di masa depan.

Saat ditanya apakah pertemuan di GBK dilakukan sambil kegiatan olahraga pagi, Hasto belum dapat memastikan. Menurut dia, format pertemuannya sudah diatur Utut dan Alex.

"Intinya pertemuan tersebut akan melakukan dialog tentang berbagai arah masa depan dan juga komunikasi di antara kedua parpol, dengan komunikasi ini akan terbuka suatu ruang-ruang dialog yang lebih besar," papar dia. 

Sementara, Anggota Majelis Tinggi Demokrat Syarief Hasan mengatakan, pertemuan AHY-Puan bisa memecah kebuntuan komunikasi yang terjadi selama ini antara partainya dengan partai besutan Megawati Soekarnoputri itu. “Komunikasi ini bagus, kalau terjadi komunikasi ini merupakan hal yang baik," ujarnya. 

Syarief lalu bercerita kedekatan PDIP dan Demokrat terakhir kali terjadi di periode kedua pemerintahan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di 2009-2014. Syarief pun tak menutup kemungkinan di masa yang akan datang kedua parpol tersebut bisa berkoalisi. 

"Siapa tahu 5 tahun ke depan, 10 tahun ke depan, siapa tau antara Demokrat dan PDIP akan semakin dekat untuk sama-sama membangun bangsa,” tutup anggota Komisi I DPR itu. 

Apa kata pengamat soal rencana pertemuan Puan dan AHY? Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting, Rio Prayogo mengatakan, pertemuan Puan-AHY patut untuk disaksikan. Pertemuan ini untuk mencairkan hubungan PDIP dan Demokrat.

"Pertemuan yang bagus, tontonan yang bijak buat publik. Sebuah edukasi politik bahwa ngurus bangsa dan negara itu tak bisa sendirian, harus berjamaah," ujar Rio kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut dia, Demokrat juga bisa memanfaatkan pertemuan ini dengan meminta bantuan PDIP untuk mendukung penolakan peninjauan kembali tentang kepengurusan Demokrat, yang diajukan Moeldoko. Sementara bagi PDIP, pertemuan ini bisa dimanfaatkan untuk mengajak Demokrat gabung koalisi.

Untuk diketahui, recana pertemuan Puan dan AHY diungkap oleh Hasto dua pekan lalu. Rencana pertemuan ini, tak lama setelah Puan menyebut nama AHY sebagai salah satu bakal Cawapres Ganjar Pranowo. Padahal hubungan PDIP dan Demokrat selama ini kurang sejalan.

SBY selaku Majelis Tinggi Demokrat menyambut baik rencana pertemuan itu. Kata dia, niat baik akan menghasilkan yang baik.

Sebelum Puan dan AHY bertemu, Hasto dan Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya sudah terlebih dulu melakukan pertemuan Minggu lalu di Kawasan Blok M. Riefky mengatakan pertemuannya dengan Hasto berlangsung dengan hanga namun tetap menjaga etika politik dengan saling menghormati posisi masing-masing partai untuk Pilpres 2024.

Untuk diketahui, Partai Demokrat sudah berkoalisi dengan PKS dan NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Sedangkan PDIP sudah berkoalisi dengan PPP mengusung Ganjar Pranowo.

Semoga pertemuan ini bisa mencairkan hubungan PDIP dan Demokrat. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo