TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Membaca Manuver Politik Muhaimin Iskandar Dipingit

Syaiful Huda: PKB Dan Gerindra Sudah Tunangan

Laporan: AY
Kamis, 22 Juni 2023 | 09:47 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Sejak memutuskan mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal Calon Presiden dan berkoalisi dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), posisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Muhaimin Iskandar seperti menggantung.

Desakan agar Prabowo dan Gerindra mendeklarasikan duet Prabowo-Muhaimin sebagai Capres Cawapres, belum menjadi kenyataan.

Namun, DPP PKB tak kehilangan cara untuk mewujudkan keinginannya itu. PKB membuat manuver politik. Yakni, Muhaimin­ dipingit. Ibarat perempuan yang menunggu akad dan resepsi pernikahan.

Cak Imin-sapaan Muhaimin Iskandar, tidak boleh bicara Pilpres 2024. Keputusan itu tertuang dalam Rapat Pleno Pemenangan­ Pilpres dan Pileg DPP PKB.

Demikian keterangan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah, Yusuf Chudlori, dalam jumpa pers di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (19/6).

Yusuf menambahkan, Muhaimin juga disarankan tidak tampil di ruang publik.

Dalam tradisi Jawa, calon pengantin itu sudah harus masuk kamar, mulai berbenah, siap-siap," katanya.

Apa maksud manuver PKB ini? Ketua DPP PKB Syaiful Huda mengatakan, maksud Muhaimin dipingit, karena PKB tidak ingin diganggu yang lain.

Sedangkan menurut Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo, langkah politik PKB ini sebagai upaya untuk menekan Prabowo dan Gerindra.

Berikut wawancara dengan Syaiful Huda mengenai manuver politik Muhaimin dipingit ini.

Rapat pleno DPP PKB memutuskan Muhaimin dipingit, tidak boleh ngomongin Capres dan Cawapres. Kenapa?

PKB dan Partai Gerindra ibarat orang pacaran, sudah sepakat membangun koalisi. Bahkan, dalam kon­­trak politik kami dengan Partai Gerindra sudah jelas, hanya ada pasa­ngan Prabowo dan Muhaimin.

Karena kesepakatan itu, Muhai­min tidak boleh ngomong soal Cap­res-Cawapres?

Iya, secara internal kami putuskan, Muhaimin sudah tidak lagi bicara soal Pilpres, sampai nanti deklarasi.

DPP PKB memastikan dan menjalankan mandat penuh Muktamar, yaitu Muhaimin harus berkompetisi pada Pilpres kali ini, sebagai Capres atau Cawapres.

Untuk berkompetisi, kan tidak harus dipingit...

Antara PKB dan Gerindra level­nya­ sudah tunangan. Karena itu, Mu­haimin harus dipingit, tidak boleh bicara Capres Cawapres lagi untuk menghormati kesepakatan PKB de­ngan­ Gerindra.

Maka, ketika Partai Golkar, lalu PAN juga mau gabung, kira-kira jangan menjadi pihak ketiga. Karena, PKB dan Gerindra tinggal menentukan tanggal resepsinya.

Muhaimin dipingit, komunikasi PKB dengan partai lain, diwakili siapa?

Di ruang publik, Muhaimin sudah tidak boleh lagi ngomong soal Capres Cawapres, karena itu sudah menjadi keputusan pleno DPP PKB. Namun, secara kelembagaan, diserahkan ke Dewan Syuro DPP PKB dan para kiai. Meski begitu, yang memutuskan adalah Prabowo dan Muhaimin, sesuai­ kesepakatan Gerindra dan PKB.

Anda bilang, Muhaimin dipingit sampai deklarasi. Lalu, deklara­sinya kapan?

Ada yang menghendaki secepatnya, ada yang menghendaki nanti dulu. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo