TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dari Shell Eco Marathon Di NTB

Erick: Jangan Jual Bahan Mentah Terus, Inovasi Harus Jadi Industrialisasi

Laporan: AY
Senin, 10 Juli 2023 | 12:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

NTB - Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi banyaknya inovasi unggul yang diciptakan anak muda Indonesia. Dia berharap, inovasi unggul itu dapat dikembangkan menjadi industrialisasi. Karena jika itu terjadi, Indonesia tak lagi terus menerus menjual bahan mentah ke luar negeri.

“Inovasi generasi muda Indonesia kan tidak dibuktikan saat ini saja. Sebelumnya, juga sudah banyak yang bermunculan. Masalahnya, kan masih ada kekurangan untuk mengarahkan inovasi tersebut, menjadi industrialisasi. Kita, baru sekarang ini mikir industrialisasi, setelah lama menjadi negara yang hanya mengirim bahan baku terus,” ujar Erick dalam kunjungan kerjanya di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (9/7). Usai menutup event Shell Eco Marathon yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika).

Dalam event Shell Eco Marathon, banyak inovasi yang bermunculan dan unggul sebagai juara. Salah satunya, mobil hemat bahan bakar yang mampu beroperasi dengan komposisi 1 liter bahan bakar minyak (BBM) untuk 1.800 kilometer perjalanan. Temuan-temuan lain yang juga cukup mengemuka adalah kendaraan bertenaga listrik.

Kita mendorong generasi muda untuk terus berinovasi, agar ketergantungan kita terhadap impor BBM bisa dijaga," ujar Erick.

Dia pun menyoroti jumlah penduduk Indonesia yang semakin banyak, dari 280 juta mau ke 330 juta. Di samping daya beli yang terus meningkat, karena pertumbuhan ekonomi terus terjadi.

"Dalam kondisi ini, harus ada intervensi. Salah satunya, dengan inovasi dari generasi muda Indonesia dan dunia, yang ingin memberikan sumbangsih temuan – temuan percobaan mobil listrik,” imbuhnya.

Untuk itulah, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terus membangun sebuah ekosistem industrialisasi.

“Kita membuat terobosan di zaman Pak Jokowi. Beliau memberanikan diri mendorong hilirisasi sumber daya alam. Dunia tidak setuju, IMF dan EU tidak setuju. Ya diamkan saja. Karena kita ingin memastikan industrialisasi terjadi di Indonesia, melalui inovasi karya anak bangsa. Ini kita harus dorong ke depan. Dengan industrialisasi, inovasi bisa menguntungkan," pungkas Erick.  

Foto : Ist
Pos Sebelumnya:
KPK Lelang Mobil Rampasan
Pos Berikutnya:
Imbauan Untuk Jemaah Lansia
Kepala Daker Madinah Zaenal Muttaqin. Foto : Ist
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo