TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Seleksi Timnas U 17

Erick: Jangan Ada Yang Nitip-Nitip, Semua Harus Sesuai Kriteria

Laporan: AY
Minggu, 16 Juli 2023 | 13:17 WIB
Ketum PSSI saat memantau seleksi pemain U-17 di Bali. Foto : Ist
Ketum PSSI saat memantau seleksi pemain U-17 di Bali. Foto : Ist

BALI - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan, seleksi pemain timnas U-17 di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar berjalan obyektif. Tak ada istilah titipan. "Semuanya harus sesuai kriteria," tegas Erick, Minggu (16/7).

Sesuai arahan Presiden Jokowi, PSSI memang telah mengubah konsep rekrutmen U-17, untuk persiapan Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Antusiasme Luar Biasa

Antusiasme peserta seleksi timnas U-17 di Bali, terhitung luar biasa. Memasuki hari kedua, total pemain yang telah terseleksi berjumlah 947 pemain. 

Mereka tak hanya berasal dari Bali, tetapi juga Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ini adalah rekor seleksi pemain terbanyak, yang dilakukan di beberapa kota. Menandakan tingginya potensi bibit unggul di Bali dan sekitarnya.

Selain untuk persiapan Piala Dunia U-17, seleksi bibit unggul ini juga disiapkan untuk jangka panjang, yaitu untuk Piala Dunia U-20 di tahun 2025.

Karena itu, selain dari tim yang saat ini sedang melakukan latihan terpusat (TC) di Jakarta, PSSI juga memberi kesempatan kepada talenta di 12 kota dan sekitarnya, untuk bisa memberikan yang terbaik.

"Semoga, seleksi pemain hari kedua  memudahkan PSSI, untuk menemukan mutiara talenta dalam negeri bagi Garuda Muda," ucap Erick.

Sementara itu, team scouting yang dipimpin pelatih Indra Sjafri menyampaikan beberapa hal, yang menjadi penilaian team scouting Timnas Indonesia U-17 kali ini.

“Ada beberapa hal yang kami lakukan, sebagai tim scouting dalam proses seleksi ini. Kami mencari pemain yang benar-benar bisa disiapkan, untuk pemain tim nasional," ujar Indra.

Pemain yang tidak memenuhi standar kualitas turnamen internasional, akan disalurkan ke berbagai akademi sepakbola yang ada di Indonesia.

"Kami baru melihat visualnya. Belum tes fisik, psikotes dan tes IQ. Proses ini baru melihat bagaimana peserta melakukan individual tactical, group tactical, juga team tactical," papar Indra. 

Syarat Seleksi

Peserta seleksi timnas U-17 di Bali, harus memiliki tanggal kelahiran 1 Januari 2006 sampai  31 Desember 2007.

Hingga saat ini, Indra terus mencari pemain dari dalam dan luar negeri, untuk memperkuat kebutuhan lini depan timnas Indonesia.

Sementara itu, Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti juga telah memanggil 34 pemain muda untuk menjalani seleksi di Jakarta.

Termasuk, dua Serdadu Tridatu Muda, Andre Pangestu dan Komang Ananta dari Bali United Youth.

"Kerangka tim sudah ada. Ini mencari tambahan kekurangan-kekurangan yang ada di dalam tim," imbuh Bima. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo