TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Usia Lebih dari 10 Tahun, Puluhan Kendaraan Dinas Pemkot Tangsel Bakal Segera Dilelang

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 24 Juli 2023 | 19:09 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) berencana bakal segera melelang puluhan kendaraan dinas. Saat ini, masih dalam proses pengajuan. 

Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel, Sugeng Rahadi menerangkan, rencana pelelangan kendaraan dinas ini baru pertama kali dilakukan. 

Adapun kendaraan dinas yang rencananya bakal dilelang, merupakan jenis roda empat. 

"Kendaraan operasional sebetulnya yang sudah lewat usia, di atas 10 tahun. Rata-rata 11, 12 tahun. Ya memang kendaraan yang sudah di atas 7 tahun itu bisa dilakukan optimalisasi melalui penjualan dengan cara lelang," ungkap Sugeng, dikutip Senin (24/7/2023). 

Untuk kali pertamanya ini, jumlah kendaraan yang rencananya akan dilelang mencapai 65 unit. 

"Jumlahnya antara kurang lebih 65 kendaraan. Macam-macam, ada Avanza, Innova, ya mini bus lah rata-rata. Sementara baru kendaraan roda empat, nanti tahap berikutnya mungkin sepeda motor," imbuhnya. 

Namun hingga saat ini, Ia belum dapat memastikan waktu pelelangan tersebut akan dimulai. Sebab, kini pihaknya masih melakukan serangkaian proses tahapan. 

"Tahapan lelang kan ada dua. Pertama penilaian, setelah itu ada penetapan nilai limit, baru pengajuan lelang. Itu syaratnya nanti dari KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang)," jelas Sugeng. 

Saat ini, lanjut Sugeng, pihaknya tengah melakukan tahapan administrasi untuk pengajuan permohonan penilaian kepada KPKNL. 

Jika sudah, maka waktu pelaksanaan serta penetapan nilai minimum sebagai harga lelang akan baru diketahui lebih lanjut. 

"Tahapannya kan ada di mereka (KPKNL) sebetulnya, teknisnya kita belum tahu, karena kan kita baru pertama. Berapa lama untuk proses penilaian, berapa lama untuk proses pengajuan dan sebagainya. Nanti kita akan sinkronisasi. Nanti mereka akan memberikan jadwal kapan setelah itu hasilnya diserahkan ke kita lalu kita akan ngajuin penetapan nilai limit, atau nilai terendah. Nanti akan baru kelihatan ketika sudah ada pengumuman lelang. Penetapan nilai limit itu kita ngajuin permohonan lelang," terangnya. 

Namun yang jelas, kata Sugeng, puluhan kendaraan yang akan dilelang kini sudah diinventarisir.

"Kita baru mencoba tahun ini. Uangnya nanti akan masuk ke kas daerah, pendapatan lain-lain nanti masuknya. Sejauh ini belum ada kendala. Biasanya kan kendalanya kalau kendaraannya tidak ada di kita. Makanya kendaraan itu dihentikan terus ditarik semua ke pengelola barang. Sehingga saat penilaian kendaraan fisiknya ada, stay gitu. 65 unit ini sudah di kita semua ada di Puspemkot," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo