TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Damkar Rekrut Relawan Tingkat RT

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 27 Juli 2023 | 07:10 WIB
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, Bani Khosiyatullah.(dra)
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, Bani Khosiyatullah.(dra)

SETU - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) hingga saat ini terus melakukan perekrutan Relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) di tingkat RT. Hal ini dilakukan untuk memudahkan petugas Damkar dalam melakukan pemadaman api dan penyelamatan ketika terjadi musibah kebakaran.

 Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, Bani Khosiyatullah mengatakan, hingga saat ini proses rekrutmen sudah berjalan hingga 80 persen, dari jumlah yang ditargetkan sebanyak 3.966 relawan Damkar.

 “Sampai saat ini masih terus berjalan proses rekrutmennya, kalau tidak salah sudah berjalan 80 persen dari target kita. Dan jumlah relawan ini satu relawan satu Rukun Tetangga (RT) atau lingkungan,” ujarnya, saat ditemui usai rapat di DPRD Kota Tangsel, kemarin.

 Bani mengatakan, proses rekrutmen tersebut dilakukan melalui para Ketua RT, untuk merekomendasikan siapa saja yang bisa menjadi relawan Damkar.

 “Untuk proses rekrutmen ini, kami bekerjasama dengan para Ketua RT. Karena kan mereka yang lebih mengenal siapa yang dianggap mampu dan pantas menjadi relwan di lingkungan mereka,” ungkapnya.

 Namun, yang paling sulit dalam proses rekrutmen tersebut, menurut Bani, ialah di kawasan perumahan elit. Dimana warga di lingkungan RT perumahan elit tersebut sangat jarang ada yang bersedia menjadi relawan.

 “Namun, kami siasati dengan merekrut para pihak keamnaan atau Satpam di perumahan tersebut untuk jadi relawan. Karena memang sulit untuk merekrut warga di perumahan elit ini menjadi relawan,” ujarnya.

 Dia melanjutkan, nantinya seluruh relawan akan diberikan pelatihan-pelatihan, seperti simulasi pemadaman awal, evakuasi korban, serta memberi akses bagi petugas Damkar untuk masuk ke akses tersebut.

 “Yang paling penting ialah, nanitnya tugas mereka memberikan akses bagi petugas, dan juga memberikan informasi yang cepat kepada petugas, karena kami kan mengejar waktu yang cepat untuk melakukan pemadaman. Serta para relawan ini juga diberikan pelatihan agar mampu membuat warga tidak panik, serta melakukan penyelamatan awal bagi korban,” ujarnya.

 Bani, mengajak seluruh warga dapat terlibat dan berpartisipasi sebagai Relawan Damkar di wilayahnya. “Saya berharap warga dapat berpartisipasi jadi relawan Damkar ini, dan proses ini dibantu oleh Pak Lurah dan perlu ada koordinator tiap kecamatan,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo