TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Resmi Dilantik, Perbasi Tangsel Bertekad Tingkatkan Pembinaan Atlet Usia Dini

Laporan: Irma Permata Sari
Sabtu, 05 Agustus 2023 | 19:23 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Pengurus Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) periode 2023-2027 resmi dilantik, Jumat (4/7/2023) kemarin. 

Dinahkodai sosok pemuda bernama Hisyam Diah, pada masa baktinya ini Perbasi bertekad untuk meningkatkan pembinaan dan menggali potensi atlet berusia dini di wilayah termuda se-Provinsi Banten ini. 

"Itu juga salah satu program kita untuk pembinaan atlet-atlet usia dini. Kita akan adakan Kejurkot lagi, rencananya tanggal 12 Agustus sampai September. Untuk kelompok umur 10, 12 dan 14," ujar Hisyam usai dilantik. 

Selain itu, Perbasi Tangsel juga bertekad untuk menggelar berbagai perhelatan kejuaraan. Hal tersebut dilakukan untuk mewadahi potensi-potensi yang dimiliki oleh atlet asal Tangsel ini. 

"Jadi banyak masukan ke saya yang bilang katanya Perbasi itu kurang event kejuaraan. Itu yang mengakibatkan atlet kita bertandingnya ke luar kota Tangerang Selatan. Jadi di Perbasi ini saya concern mau bikin banyak kejuaraan. Salah satunya mau menghidupkan lagi kejuaraan antar sekolah. Kan sekarang udah jarang. Lalu juga antar instansi. Mau kita selenggarakan juga," jelasnya. 

Dengan begitu, maka fungsi Perbasi di Tangsel ini dapat maksimal. Terutama agar gairah olahraga basket ini dapat kembali bergelora di tengah masyarakat. 

"Sebelum 2024 saya juga mau buat juga sarasehan mengundang semua stakeholder basket jadi nanti kita kumpulin semua mulai dari klub, pengurus, wasit, pelatih, hingga perangkat pertandingan. Kita banyak program nih kita juga mau refresh wasit, pelatih, karena kan banyak juga lisensi yang belum kita refresh," tuturnya  

Sejauh ini, lanjut Hisyam, antusias basket di Tangsel cukup baik. Terbukti dari jumlah klub yang kini sudah terdaftar. 

"Klub yang terdaftar ada 12. Tapi banyak banget itu ada sekitar 3 sampai 4 lagi yang mau join. Itu salah satu yang akan kita rapihkan, mekanisme dan regulasinya seperti apa," lanjut Hisyam. 

Namun Ia mengakui, kini Perbasi dihadapkan oleh sejumlah tantangan. Salah satunya, yakni ketersediaan fasilitas yang sangat minim. 

"Tangsel belom punya GOR, yang bisa mengakomodir untuk latihan. Selama ini kita pakai swasta. Saya mau mendorong Pemkot untuk mengadakan yang namanya GOR ini. Karena animo basket di sini tinggi banget," harapnya. 

Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Perbasi Banten yang juga Gubernur Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan selamat atas pelantikan para pengurus. 

"Semoga di bawah kepemimpinan baru ini, Perbasi bisa membawa olahraga basket di Tangsel dapat bergairah lagi, singkatnya. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan berharap, agar pelantikan ini dapat menjadi momen atas kebangkitan basket di Tangsel. 

"Saya melihat potensi basket di Tangsel sangat baik dan hanya perlu ditingkatkan untuk menjadi juara umum. Kemarin putri jadi andalan, mudah-mudahan ke depannya pria juga jadi andalan," harapnya. 

Terlebih lagi, lanjut Pilar, ke depan banyak perhelatan kejuaraan bergengsi yang bakal diikuti oleh atlet asal Tangsel ini. 

"Untuk PON Tangsel pasti mengirimkan atlet. Dan bisa terus berkembang dengan momentum ini. Dan Porprov kita target menjadi juara umum dan basket harus menjadi cabang olahraga yang bisa diandalkan," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo