TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Akhir Pekan Capres

Ganjar Di DIY, Anies Di Bandung, Prabowo Ngemie

Laporan: AY
Minggu, 06 Agustus 2023 | 09:05 WIB
Ganjar Pranowo saat menghadiri acara di  SMA BOSA di Yogyakarta. Foto : Ist
Ganjar Pranowo saat menghadiri acara di SMA BOSA di Yogyakarta. Foto : Ist

YOGYAKARTA - Akhir pekan kemarin, tiga bakal Capres : Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan punya agenda politik berbeda, di tampat berbeda-beda. Ganjar manggung di Yogyakarta, Anies bersama PKS orange-kan Bandung, sedangkan Prabowo makan Mie Gacoan bareng Youtuber dan komedian di Tebet, Jakarta Selatan.

Dimulai dari Ganjar. Gubernur Jawa Tengah ini, menemuni teman-teman sekolahnya di SMA Bopkri Satu alias Bosa di Yogyakarta. Kedatangan Ganjar untuk menghadiri Reuni Akbar dan HUT Bosa ke-77 tahun.

Sebelum datang ke reuni SMA, Ganjar terlebih dahulu jalan pagi bareng Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming di Solo. Lalu, dilanjutkan membuka Tour de Borobudur 2023. Barulah, pada pukul 10.50 WIB, Ganjar datang ke acara reuni SMA.

Kedatangan Ganjar disambut panitia serta alumni Bosa yang telah memadati tempat acara sejak pagi hari. Setelah itu, Ganjar tidak langsung berjalan ke panggung utama. Melainkan menyempatkan diri menyambangi ruang kelas yang pertama kali dia tempati di tahun 1987.

Sepanjang perjalanan menuju ruang kelasnya dulu, Ganjar tak pernah lepas dari kerumunan orang yang mengajaknya berfoto. Baik itu rekan satu angkatan, alumni senior maupun junior. Sehingga suasana kelas terasa sesak. Ganjar pun terlihat kesulitan masuk dan keluar dari kelas tersebut.

Di sudut yang lain, suasana juga ikut heboh. Karena peserta reuni penasaran dengan sosok Ganjar yang mungkin belum pernah lihat langsung sebelumnya. Begitu juga dengan posisi Ganjar sekarang yang telah resmi dicapreskan PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. Karena itu, teriakan Ganjar Presiden saling bersahutan dari berbagai sudut.

Ganjar!” teriak salah seorang dari kerumunan. “Presiden!” sahut orang-orang dalam kerumunan.

Mendengar teriakan ini, Ganjar tetap tenang. Tak menanggapi secara langsung teriakan tersebut. Ia tetap berjalan menuju panggung utama sambil menyapa peserta reuni yang hadir.

Di panggung utama acara, Ganjar mengaku bersyukur bisa bertatap muka kembali dengan rekan-rekan lawasnya. Juga, para guru yang telah membesarkannya selama belajar di sekolah. Sekalipun ada momen yang membuat Ganjar jengkel terhadap salah seorang gurunya.

Dia bilang, para murid termasuk dirinya selalu dibuat stres dengan mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Karena guru tersebut selalu menanyakan pembukaan UUD di setiap pelajaran.

“Saya punya memori yang tak pernah saya lupakan. Saat itu, saya disuruh berdiri karena mengantuk. Waktu itu kita sangat rajin karena belajar sampai malam. Saya bilang begitu, tapi kata teman kos saya nggak,” kata Ganjar, bercerita.

Padahal, menurut Ganjar, pelajaran tentang budi pekerti sangat penting. Makanya harus dipelajari sejak dini. “Ilmu pengetahuan bisa dikejar, tapi perilaku baik harus mulai dilatih sejak dini, terutama integritas,” sambung Ganjar.

Di panggung utama acara, Ganjar mengaku bersyukur bisa bertatap muka kembali dengan rekan-rekan lawasnya. Juga, para guru yang telah membesarkannya selama belajar di sekolah. Sekalipun ada momen yang membuat Ganjar jengkel terhadap salah seorang gurunya.

Dia bilang, para murid termasuk dirinya selalu dibuat stres dengan mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Karena guru tersebut selalu menanyakan pembukaan UUD di setiap pelajaran.

“Saya punya memori yang tak pernah saya lupakan. Saat itu, saya disuruh berdiri karena mengantuk. Waktu itu kita sangat rajin karena belajar sampai malam. Saya bilang begitu, tapi kata teman kos saya nggak,” kata Ganjar, bercerita.

Padahal, menurut Ganjar, pelajaran tentang budi pekerti sangat penting. Makanya harus dipelajari sejak dini. “Ilmu pengetahuan bisa dikejar, tapi perilaku baik harus mulai dilatih sejak dini, terutama integritas,” sambung Ganjar, berpesan.

“Kalau jajan jangan banyak-banyak, belajar yang rajin, hormati gurumu, belajarlah budi pekerti, hormati orang tuamu, hormati teman-temanmu agar kelak kamu menjadi anak yang baik,” sambung mantan Wakil Ketua Komisi II DPR tersebut.

Beda dengan Ganjar, Anies mengisi akhir pekannya dengan menghadiri jalan sehat yang digelar PKS di Bandung, Jawa Barat. Sejak pukul 09.00 WIB, Anies telah berada di tengah-tengah peserta jalan sehat yang berkumpul di Lapangan Tegalega.

Anies hadir dengan mengenakan kaus oranye yang dibalut rompi putih bertuliskan Indonesia pada bagian belakangnya. Mengetahui para peserta jalan sehat didominasi relawannya, Anies pun berinisiatif menyapa mereka.

Uniknya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyapa mereka dengan atribut kesenian khas Jawa Barat berbentuk singa, alias sisingaan. Hal ini agar semua peserta yang hadir bisa terjamah oleh mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut. Selain Anies, Presiden PKS Ahmad Syaikhu juga ikut naik sisingaan.

Anies yang diberikan kesempatan untuk berpidato memanfaatkan momentum itu untuk menyampaikan gagasannya. Dalam orasinya, Anies menyoroti banyak masalah, mulai dari pertumbuhan ekonomi makro di masyarakat, harga pangan hingga pendidikan.

“Kita mensyukuri pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen, PDB (produk domestik bruto) naik 2 kali lipat, dan PDB perkapita naik, tapi angka makro belum menggambarkan rumah tangga kita,” sesal Anies.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi bukan hanya terkait angka. Namun, juga kualitas ekonomi. Faktor yang menentukan kualitas yaitu tingkat pemerataan yang tinggi. “Kita dorong pemerataan,” tambahnya.

Karenanya, Anies berjanji akan menghadirkan keadilan, kesetaraan, dan kesempatan. “Tantangan Indonesia ke depan sangat banyak dan bukan hanya terkait meningkatkan perekonomian. Namun, yang perlu dilakukan yaitu memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” tutup dia.

Bagaimana dengan Prabowo? Ketum Partai Gerindra itu, mengisi akhir pekannya tidak di luar Jakarta. Prabowo cuma main di Jakarta Selatan, tepatnya di restoran Mie Gacoan, produk usaha makanan yang lagi digandrungi kaula muda karena dikenal menyajikan makanan dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

Prabowo tiba di Mie Gacoan cabang Tebet, Jaksel sekitar pukul 14.00 WIB. Kedatangan Menteri Pertahanan itu langsung disambut Harris Kristanto, owner Mie Gacoan yang didampingi YouTuber dan juga komedian, Bayu Skak.

Para pengunjung Mie Gacoan pun tampak antusias menyambut kedatangan Prabowo. Mereka tak menyangka bakal bertemu Prabowo saat makan siang. “Pak Prabowo! Pak Prabowo! Selfie Pak!” sahut salah seorang pengunjung.

Tak mau ketinggalan, para pekerja dan pelayan Mie Gacoan juga berebut untuk selfie dan meminta tanda tangan. Bahkan, para pengemudi ojek online yang sedang menanti orderan tidak menyia-nyiakan waktu mereka untuk mengungkapkan keluh kesah selama bekerja.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo