TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Warga Desa Cijakan Tagih Janji PT. Sino soal Polusi Udara

Dampak Pembangunan Jalan Tol Serpan Seksi 3

Oleh: ARI SUPRIADI
Selasa, 29 Agustus 2023 | 21:18 WIB
Perwakilan warga di Desa Cijakan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Selasa (29/8/2023) melakukan audiensi dengan HSE PT. Sino Road and Bridge Group Co. Ltd, Fadli R.(Ari Supriadi/Tangsel Pos)
Perwakilan warga di Desa Cijakan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Selasa (29/8/2023) melakukan audiensi dengan HSE PT. Sino Road and Bridge Group Co. Ltd, Fadli R.(Ari Supriadi/Tangsel Pos)

PANDEGLANG - Perwakilan warga di Desa Cijakan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Selasa (29/8/2023) siang mendatangi proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang (Serpan) Seksi 3. Kedatangan warga untuk menyampaikan aspirasi terkait polusi udara dari aktivitas angkutan tanah merah dan pengurukan badan jalan tol yang dilakukan oleh PT. Sino Road and Bridge Group Co. Ltd.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cijakan, Komarudin mengatakan, masyarakat Desa Cijakan sangat mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) jalan tol Serang-Panimbang. Namun tentu dengan adanya pembangunan tersebut muncul dampak lingkungan yang kurang diperhatikan oleh PT. Sino selaku perusahaan pelaksana. Dampak lingkungan itu seperti polusi udara berupa debu dari aktivitas muatan tanah merah yang digunakan untuk proses pengurukan serta getaran dari alat berat.

“Saya masih ingat, tanggal 14 Juni 2023 lalu perwakilan PT. Sino datang ke Kantor Desa Cijakan. Pada pertemuan pertama dan kedua hari ini (kemarin, red) salah satu poinnya adalah soal polusi udara yang hingga saat ini belum ada solusinya,” kata Komarudin, saat membuka perbincangan dengan Health, Safety, and Environment (HSE) PT. Sino Road and Bridge Group Co. Ltd, Fadli R.

Puncak kekesalan warga, kata dia, beberapa hari lalu tepatnya pada malam hari, puluhan ibu-ibu melakukan aksi protes atas polusi udara. Warga mendesak Pemerintah Desa Cijakan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Yang pasti kami menunggu jawaban pasti dari PT. Sino, karena kami selalu ditagih oleh warga. Jangan sampai muncul kecurigaan kepada kami, apalagi warga sudah mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran,” terangnya.

Senada disampaikan Kades Cijakan, Nanda SB. Ia mengaku, kedatangannya untuk menagih janji PT. Sino soal polusi udara yang hingga saat ini belum terealisasi.

“Kami mungkin tidak akan datang lagi ke sini, kalau jawabannya pasti. Lebih sempurna jika pimpinan perusahaan ini hadir mendengarkan aspirasi masyarakat. Namun kami harap pertemuan ini juga tidak mengurangi esensi dari aspirasi masyarakat agar segera ditindaklanjuti oleh perusahaan,” ungkap Nanda.

Kata dia, kedatangan perwakilan warga Desa Cijakan bukan untuk menghambat PSN. Justru warganya sangat senang dengan adanya pembangunan jalan tol, karena dinilai bisa menjadi kebanggaan dan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Perlu juga saya sampaikan bukan hanya soal debu yang mengotori rumah-rumah warga, tapi jauh lebih penting adalah orang yang berada dalam rumah. Mereka juga harus mendapat perhatian, apalagi saya mendapat laporan sudah banyak masyarakat yang kena ISPA (Inpeksi Saluran Pernapasan Atas, red),” bebernya.

Health, Safety, and Environment (HSE) PT. Sino Road and Bridge Group Co. Ltd, Fadli R mengaku, tidak memiliki kapasitas lebih terkait masalah tersebut. Menurut dia, semestinya yang menerima perwakilan warga Desa Cijakan adalah unsur pimpinan PT. Sino, seperti Mr. Lee.

“Terkait dengan polusi debu, upaya yang sudah kami lakukan adalah dengan melakukan penyiraman. Namun kami akui itu belum maksimal, karena kami hanya memiliki satu armada dan itupun harus kami bagi dua untuk melakukan penyiraman ke wilayah Kabupaten Lebak,” tuturnya.

Fadli menjelaskan, beberapa dampak yang terjadi sudah dilakukan penyelesaian, meskipun itu dilakukan secara pribadi. Dengan adanya pertemuan ini, ia akan melakukan komunikasi dengan pimpinan serta berkomunikasi dengan Pemdes Cijakan.(rie)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo