TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

FKUB Tangsel Gelar Dialog Kebangsaan

Laporan: Ari Suhendra
Jumat, 01 September 2023 | 07:00 WIB
Dialog kebangsaan lintas tokoh agama sebagai syukuran HUT RI ke-78.(ars)
Dialog kebangsaan lintas tokoh agama sebagai syukuran HUT RI ke-78.(ars)

PAMULANG-Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tangsel menyelenggarakan Dialog Kebangsaan Lintas Pemuka Agama yang diikuti sekitar 86 orang. Kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan RI ke-78 dan Hari Jadi FKUB ke-14.

 Dialog berlangsung di Gedung Kelembagaan, Jalan Siliwangi, Pamulang, Rabu (30/8). Acara didahului dengan doa dari enam agama. Islam dipandu Ustadz Muhammad Taslim, Katolik dipandu Aloysius Ramidjan, Kristen dipandu Pdt. Thomas Kartomo M. Hindu dipandu JM. Ketut Suarna, Budha dipandu oleh Pandita Tjen Eddy Sastro, dan Konghucu Heriyanto. Tampil sebagai pembawa acara Ustadz Hamdan Roeyani.

 Dialog Kebangsaan dipandu moderator H Syamduddin Dasan. Nampak hadir narasumber Kepala Badan Kesbangpol Chaerul Saleh, Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Tangsel KH Syuhada, dan Ketua Parisada Hindu Dharma (PHDI) Tangsel Ida Ketut Ananta.

 Kepala Badan Kesbangpol Tangsel, Chaerul Saleh mengatakan, bahwa membangun dan memelihara kerukunan umat beragama akan lebih mudah jika prinsip “lakum dinukum waliyadin” dipakai dalam interaksi sosial keagamaan, dan terus merawat tali silaturahmi yang berkeadaban.

 Wakil Wali Kota Tangsel, PIlar Saga Ichsan mengatakan, perbedaan yang ada di Tangsel justru memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat. Pada sisi lain Wakil Wali Kota juga mengatakan, bahwa pemerintah berkomitmen memaknai religius berlaku universal untuk semua agama yang ada.

 “Ke depan kami pemerintah ingin menyentuh seluruh rumah ibadat, agar semua umat beragama dapat beribadat di rumah ibadat yang layak pakai,” tambahnya.

 Ketua FKUB Tangsel, Fachrudin Zuhri menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota dan jajaran atas dukungan kepada FKUB yang tahun ini anggaran hibah mengalami peningkatan dalam jumlah dan terjadi percepatan dalam waktu.

 “Kami ucapan terima kasih juga disampaikan seluruh elemen masyarakat umat beragama atas partisipasinya merawat kerukunan. Sehingga Indeks Kerukunan Umat Beragama mencapai 72,39% termasuk kategori baik. Capaian yang dipastikan hasil sinergitas semua pihak, termasuk kita semua di dalamnya,” ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo