TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tips Memaksimalkan Asupan Zat besi dari Daging Sapi

Oleh: Mg.1
Sabtu, 02 September 2023 | 11:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Daging sapi merupakan sumber protein dan zat besi hewani yang baik. Selain itu, daging sapi ini merupakan salah satu bahan hewani yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Kandungan proteinnya yang tinggi menjadi salah satu olahan makanan yang gemari.

Tak hanya itu, pada 100 gram daging sapi juga mengandung 2,6 miligram zat besi yang tentunya baik untuk kesehatan. Meski begitu, terdapat beberapa cara agar memaksimalkan penyerapan zat besi supaya tidak terbuang percuma.

Berikut tips memaksimalkan penyerapan zat besi:

1. Pilih Potongan Daging Sapi yang Merah

Ciri-ciri daging sapi yang kaya akan zat besi, dapat dilihat dari warnanya. Semakin merah sebuah potongan daging sapi, semakin tinggi kandungan zat besi yang terkandung. Maka dari itu, pilihlah potongan daging sapi yang berkualitas.

2. Padukan dengan Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung serat dan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi agar lebih maksimal. Hal tersebut juga merupakan alasan mengapa beberapa restoran besar akan memadukan daging sapi dengan sayuran hijau seperti bayam, asparagus, atau selada.

3. Hindari Mengonsumsi Teh

Agar memaksimalkan penyerapan zat besi, terdapat beberapa hal yang juga harus diperhatikan agar tidak mengganggu proses tersebut. Salah satunya, hindari minuman yang mengandung tanin seperti teh. 

4. Cukupi Kebutuhan Tubuh

Mengonsumsi daging sapi, harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap orangnya. Sebab, kebutuhan zat besi setiap individu berbeda-beda. Semakin banyak kegiatan fisik yang dilakukan seseorang, maka semakin banyak pula zat besi dan asupan daging yang dibutuhkan.

5. Jangan Bergantung Pada Suplemen

Para ahli gizi tidak menyarankan menggunakan suplemen sebagai asupan utama zat besi seseorang. Suplemen dalam hal ini, hanya berperan sebagai tambahan asupan nutrisi, bukan sumber utama.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo