TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Renovasi Bandara Labuan Bajo Selesai, Besok Diresmikan Presiden Jokowi

Laporan: AY
Rabu, 20 Juli 2022 | 19:48 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Komodo yang telah selesai direnovasi. Foto : Istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Komodo yang telah selesai direnovasi. Foto : Istimewa

NTT - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan hasil proyek pengembangan Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/7). Tinjauan ini dilakukan sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), besok, Kamis (21/7).

Salah satu peningkatan kapasitas yang dilakukan adalah perpanjangan landasan pesawat (runway) dari dari 2.450 meter menjadi 2.650 meter.

BKS, sapaan akrab Budi Karya Sumadi mengatakan, perpanjangan landasan tersebut membuat Bandara Komodo kini dapat disinggahi pesawat narrow body, seperti Boeing 737. Pengerjaan proyek pengembangan Bandara Komodo telah dilakukan sejak 2020.

“Bandara ini sudah selesai kita bangun dan saat ini memiliki kapasitas hingga satu juta penumpang per tahunnya. Kedepannya, runway akan kami tambah menjadi 2.750meter," katanya.

Eks Direktur Utama Angkasa Pura ll ini memastikan, proyek pengembangan telah mempercantik dan memperluas gedung terminal hingga 13.366 meter persegi. Menurutnya, gedung terminal Bandara Komodo kini memiliki tampilan yang lebih menarik bagi wisatawan.

Ia menjelaskan,tujuan dari peningkatan kapasitas Bandara Komodo adalah mendukung potensi wisata yang ada di Labuan Bajo.

Bukan hanya bandara, Pemerintah juga membangun pelabuhan baru multifungsi di daerah Way Kelambu atau sekitar 10-12 kilometer (Km) dari pusat Kota Labuan Bajo.

Selain untuk melayani wisatawan Pelabuhan Way Kelambu juga dapat melayani kebutuhan logistik di Labuan Bajo. Untuk itu, pemerintah juga membangun Pelabuhan Labuan Bajo yang khusus melayani kapal-kapal wisata.

Menhub berharap pengoperasian Pelabuhan Way Kelambu dan Pelabuhan Labuan Bajo dapat meningkatkan industri pariwisata.

“Pelabuhan Labuan Bajo (Waterfront) juga rencananya akan diresmikan bapak Presiden besok,” ungkapnya. 

Selain menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Labuan Bajo juga akan menjadi salah satu tempat ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022.

Untuk itu, pemerintah juga merevitalisasi tiga bandara lain di Nusa Tenggara Timur, yakni Bandara Mali di Alor, Bandara Fransiskus Xaverius Seda di Maumere, dan Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin di Sumbawa Besar.Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Bali, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Salah satu wisata di Labuan Bajo adalah kawasan Taman Nasional Komodo. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut sepanjang 2021 mencapai 64,66 ribu kunjungan. (OKT/AY/rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo