TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bertemu PM China

Wapres Perkuat Pertemanan

Oleh: Farhan
Minggu, 17 September 2023 | 11:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CHINA - Wakil Presiden (Wapres) Kiai Ma’ruf Amin hari ini, melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Qiang, di Li Yuan Resort, Nanning, Daerah Otonomi Guangxi, China, kemarin.

Dalam pertemuan yang penuh keramahan ini, Kiai Ma’ruf mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan selama kunjungannya di negeri tirai bambu itu. Dia menyam­paikan, kunjungan ini adalah kunjungan pertama ke China setelah pandemi Covid-19.

“Saya berharap kunjungan ini akan memberikan kontri­busi positif bagi kemitraan kedua negara kita dan antara ASEAN dengan China,” kata Ma’ruf.

Menurut eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini, terjadi interaksi tingkat tinggi yang intens antara Indonesia dan China. Kedua kepala negara kerap bertemu dalam berbagai kesempatan.

“Presiden Joko Widodo ber­temu Presiden Xi Jinping di Chengdu bulan Juli lalu, dan ber­temu Yang Mulia (PM Li) saat KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Terima kasih atas dukungan China terhadap Keketuaan Indonesia di ASEAN,” tuturnya.

Sebagai langkah untuk mem­perkuat kemitraan bilateral kedua negara, Wapres menyam­paikan tiga hal penting. Pertama, kerja sama perdagangan dengan China adalah salah satu hal yang paling penting untuk ditingkatkan.

Diingatkannya, Negeri Tirai Bambu adalah mitra perdagangan terbesar bagi Indonesia dengan potensi kerja sama yang masih besar. “Saya harapkan dukungan Yang Mulia untuk impor dan akses pasar komoditas unggulan Indonesia ke China,” pintanya.

Ia yakin, Indonesia dan China dapat memanfaatkan berbagai kerangka kerja sama perdagangan regional dan multilateral untuk mendukung hal tersebut.

Kedua, Ma’ruf menggarisbawahi pentingnya kerja sama dalam pengembangan produk halal.

Perdagangan dan investasi produk halal memiliki potensi amat luas di kedua negara kita, serta kawasan Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika,” terangnya.

Ma’ruf pun mendorong penguatan kerja sama dalam sektor halal ini, termasuk melalui kerja sama antara otoritas halal Indonesia dan China.

“Saya berharap dapat mem­peroleh dukungan penuh dari Yang Mulia dan Pemerintah China,” harap Ma’ruf.

Ketiga, poin yang ditekankan Kiai Ma’ruf pada kesempatan ini adalah pentingnya kerja sama people-to-people dalam mem­perkuat kemitraan ekonomi.

Menurutnya, kemitraan eko­nomi akan kuat dengan adanya kerja sama erat antarmasyarakat, dengan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh rakyat kedua negara.

“Kita perlu mendorong pengembangan pusat budaya dan bahasa untuk meningkatkan jumlah mahasiswa China yang belajar bahasa Indonesia, mau­pun sebaliknya,” tuturnya.

Selain itu, kerja sama pendi­dikan vokasi juga akan menjadi link and match dengan dunia usaha dan industri, serta investasi China di Indonesia.

“Semua ini akan membawa hubungan Indonesia-Tiongkok ke tingkat yang lebih tinggi,” tegasnya.

Pada pertemuan ini Ma’ruf sekaligus menyampaikan apresiasi atas undangan Pemerintah Tiongkok untuk menghadiri pembukaan China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20.

Indonesia hadir di dua Paviliun, yaitu Paviliun Komoditi yang menampilkan produk ekspor unggulan.

Serta, Paviliun City of Charm yang menampilkan Provinsi Kalimantan Tengah yang dikenal dengan kekayaan budaya, sum­ber daya alam, dan lingkungan.

“Saya mengundang Yang Mu­lia untuk mengunjungi kedua Paviliun Indonesia tersebut,” ajak Ma’ruf.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo