TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Antisipasi Caleg Stres

RSUD Banten Siapkan Pelayanan Kejiwaan

Laporan: AY
Rabu, 15 November 2023 | 15:09 WIB
Gedung KPU. Foto : Ist
Gedung KPU. Foto : Ist

TANGERANG - Dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Provinsi Banten, yakni RSUD Kabupaten Tangerang dan RSUD Kota Tangerang, memastikan akan membantu gelaran Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Mereka menerima konsultasi hingga pengobatan para calon anggota legislatif (caleg) yang stres, karena gagal terpilih.

Kepala Humas Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang, dr Hilwani menyatakan, RSUD Kota Tangerang telah menyiapkan dua dok­ter kejiwaan, untuk menangani para caleg gagal di Pileg 2024 nanti. Menurut dia, para pasien akan diarahkan pada fasilitas poli kejiwaan.

“Sebenarnya poli kejiwaan sudah ada untuk melayani pasien harian. Namun, kami siap menerimapasien dari para caleg,” ujarnya di Tangerang, Senin (13/11/2023).

Namun, lanjut dia, jika nantinyaakan ada lonjakan caleg yang stres akibat gagal terpilih, pihaknya akan memformulasi­kan skema baru agar bisa tertanganidengan baik.

“Bila tidak ada lonjakan, alur berobatnya masih sama seperti biasa, seperti pasien pada umum­nya. Tapi, bila ada lonjakan pasien stres akibat nyaleg, akan dikordi­nasikan lebih lanjut,” jelas dia.

Disinggung soal pembiayaan caleg di poli kejiwaan, Hilwani mengatakan, pihak RSUD Kabupaten Tangerang enggan mengkonfirmasi lebih lanjut. “Soal itu, bisa tanyakan ke pihak BPJS ya,” ucap dia.

Senada, Humas RSUD Kota Tangerang, Fika S Khayan mengatakan, pihaknya akan mem­buka layanan kejiwaan bagi para caleg yang gagal dalam Pileg 2024. Namun, dia belum mau berkomentar banyak soal mekanisme bagi para caleg gagal yang ingin berobat.

“RSUD kota Tangerang juga menyiapkan dokter kejiwaan. Ada dua orang dokter spesialis jiwa,” ujar Fika.

Diketahui, para bakal calon legiatif yang namanya sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) maka sudah disebut sebagai caleg. Sesuai jadwal,para caleg mulau dapat melakukan kampanye pada 28 November 2023.

Di Kota Tangerang, sebanyak 677 caleg dinyatakan lolos dalam DCT. Ratusan orang ini akan memperebutkan 53 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari lima daerah pemilihan (dapil).

Sementara, di Kabupaten Tangerang ada 884 orang yang lolos sebagai caleg. Ratusan orang ini akan memperebutkan 50 kursi DPRD Kabupaten Tangerang di enam dapil.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo