TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mahasiswa UNPAM Beri Pelatihan Manajemen bagi UMKM Binaan BPR Dana Mandiri Bogor

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 30 November 2023 | 11:58 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BOGOR - Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, belasan mahasiswa program Pascasarjana Universitas Pamulang (UNPAM) beserta para dosen memberikan pelatihan kepada UMKM binaan BPR Dana Mandiri Bogor di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (26/11/2023) lalu. 

Kegiatan ini menjadi bukti atas kontribusi UNPAM untuk memberdayakan UMKM Indonesia sehingga mampu bersaing dengan baik dalam usaha mereka.

Dosen Pascasarjana Prodi Magister Manajemen, Dr. Ir. Sewaka, SE.MM memaparkan, pelatihan ini dikuti oleh 50 peserta UMKM mitra BPR. Dana Mandiri Bogor dan dibarengi dengan kegiatan donor darah. Adapun materi yang diberikan adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan.

Seperti diketahui, UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. Berdasarkan data Kementerian KUKM pada tahun 2021, diketahui bahwa jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen. 

Untuk wilayah Bogor dan sekitarnya, jumlah UMKM pada tahun 2023 mencapai 73.336 berdasarkan data Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DINKUKMDAGIN) Kota Bogor. Jumlah ini mengalami kenaikan, dimana sebelumnya pada tahun 2021 jumlah UMKM berjumlah 68.992.

“Universitas Pamulang memahami bahwa peranan UMKM sangat penting sebagai penopang ekonomi negara, untuk itu kami mengadakan pelatihan manajemen ini dengan harapan pelaku UMKM mampu melesatkan bisnisnya, yang juga diikuti terbukanya lapangan kerja yang semakin besar,” ungkap Sewaka, Kamis (30/11/2023). 

Beberapa materi yang diberikan, yaitu Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Manusia dengan Perencanaan Google Spreadsheet Guna Meningkatkan Produktivitas, Penerapan Efisiensi Sumber Daya Manusia, Penetapan dan Perhitungan Harga Pokok Penjualan, dan Digital Marketing. 

Metode pelatihannya, yakni penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan UMKM di lingkungan masyarakat. Kegiatan PKM ditutup dengan Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI Tangerang Selatan

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo