TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ini Profil Angkie Yudistia, Stafsus Presiden Jokowi Yang Dukung Ganjar

Laporan: AY
Senin, 04 Desember 2023 | 17:45 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Angkie Yudistia adalah salah seorang staf khusus milenial presiden Jokowi sejak tahun 2019 hingga saat ini. Meskipun berstatus sebagai orang dalam istana, ia justru memilih mendukung capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo.

Sosok penyandang tuna rungu ini secara terbuka mengajak penyandang disabilitas lainnya untuk mendukung Ganjar saat merayakan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (3/12).

"Pak Ganjar mendatangi kita teman-teman disabilitas dengan program-program unggulan beliau. Jadi harapannya semoga Indonesia jauh lebih inklusi dengan kepemimpinan Pak Ganjar nanti, jangan lupa ya pilih Pak Ganjar!" ajak Angkie.

Menurutnya, Ganjar adalah sosok yang selama ini memberikan perhatian cukup besar kepada kelompok disabilitas. Baik ketika menjabat sebagai anggota DPR selama 2 periode, maupun ketika menjadi Gubernur Jawa Tengah.

"Kita yakin pilih Ganjar, pak Ganjar karena rekam jejak beliau, beliau sangat mengerti dan memahami penyandang Disabilitas," lanjutnya.

Profil Angkie Yudistia

Angkie lahir pada 5 Juni 1987. Setelah menamatkan sekolah menengahnya di SMAN 2 Bogor, Jawa Barat, sosok yang diketahui berkecimpung sebagai politisi di PKPI ini sempat kuliah di London School of Public Relations Jakarta, jurusan Ilmu Komunikasi.

Meskipun berstatus sebagai penyandang tuna rungu, tak membatasi ruang geraknya untuk berkarya. Angkie diketahui mencatatkan deretan prestasi dalam perjalanan hidupnya.

Di antaranya, pernah lolos sebagai salah satu finalis abang none Jakarta hingga didapuk sebagai "The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008".

Pada tahun 2011 Angkie mendirikan Thisable Enterprise, lembaga yang dibentuk untuk memberdayakan kelompok disabilitas. Ia membangun kerja sama dengan Gojek membuka lapangan kerja untuk penyandang disabilitas bekerja di Go-Auto dan Go-Glam.

Tahun 2018, Angkie terpilih sebagai tokoh literasi komunikasi sosial dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Baru kemudian sekitar setahun setelahnya, ia diangkat sebagai Staf Khusus Milenial Presiden.

Ia juga diketahui aktif membidani lahirnya Komisi Nasional Disabilitas (KND) lewat Perpres No 6 Tahun 2020. Selain itu, Angkie jufa aktif mengawal berbagai peraturan turunan lainnya baik terkait disabilitas, amanat UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Selain itu, Angkie juga menulis buku berjudul Perempuan Tunarungu, Menembus Batas.

Sosoknya yang inspiratif diangkat oleh Bobby Prasetyo dalam serial web dengan judul Isyarat. Serial ini tayang di Maxstream pada 19 Desember 2019 lalu. Adalah Tissa Biani yang memerankan sosoknya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo