TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Anies-Ganjar Istirahat Kampanye, Siapin Debat

Oleh: Farhan
Senin, 11 Desember 2023 | 09:20 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Akhir pekan kemarin, dua Capres istirahat sejenak dari kegiatan kampanye. Capres 03 Ganjar Pranowo mengisi kegiatan dengan lari pagi di Jakarta. Sedangkan Capres 01 Anies Baswedan istirahat untuk persiapan debat besok (12/12/2023) hari.

Dimulai dari Ganjar. Setelah berkeliling Kalimantan Timur, kemarin pagi Ganjar mengisi aktivitasnya dengan lari pagi di sekitaran jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Ganjar berangkat dari kediamannya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan dengan menggunakan Light Rail Transit (LRT) menuju kawasan Car Free Day di Sudirman-Thamrin.

Dari Kuningan, mantan Gubernur Jawa Tengah ini turun di Stasiun LRT Dukuh Atas. Ganjar pun langsung lari menelusuri jalan Ibu Kota dengan setelah baju dan topi putih, serta celana hitam. Saat lari pagi, Ia tanpa ragu menyapa warga yang mengajaknya berswafoto.

Begitu tiba di kawasan Senayan, Ganjar menjumpai seorang ibu bernama Siti yang berjualan kaos kaki. Ia pun menghampiri dan menyapanya, sekaligus melihat-lihat barang dagangannya.

“Jualan apa bu, asli mana?” tanya Ganjar di CFD, Minggu, (10/12/2023).

Pedagang itu lantas mengaku bernama Siti, warga asli Solo yang telah lama tinggal di Jakarta. Setelah berbincang-bincang, Ganjar kemudian memilih beberapa potong kaos kaki yang dijualnya. Hal ini pun membuat Siti bersyukur. “Alhamdulillah, saya senang banget,” ucap Siti.

Usai menyapa Siti, Ganjar kembali berlari mengelilingi kawasan CFD Sudirman-Thamrin. Setelah menempuh jarak 8 kilometer, dia pun mengakhiri kegiatan olahraga dan kembali ke rumahnya menaiki transportasi umum LRT.

Setelah itu, Ganjar mengisi kegiatannya dengan menemui ratusan nelayan dari berbagai wilayah Indonesia di kediamannya. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar memastikan bakal merevisi aturan yang merugikan mereka. Menurutnya, regulasi kelautan ke depan akan dibuat berpihak pada nelayan.

Ia pun berjanji bakal memanfaatkan KTP untuk digitalisasi data para nelayan dalam mempermudah mereka dalam memperoleh bantuan pemerintah, seperti BBM bersubsidi.

“Tadi teman-teman nelayan menyebutkan banyak aturan atau regulasi yang dianggap tidak pro ke nelayan. Maka ke depan, regulasi dan aturan itu perlu kita kaji ulang,” ucap Ganjar.

Bagaimana dengan Anies? Di hari libur kemarin, Anies istirahat untuk melakukan kampanye. Menurut Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus, Capres 01 itu ingin fokus untuk persiapan debat perdana pada Selasa (12/12/2023) malam.

Terakhir, Anies kampanye di wilayah Cirebon, Jawa Barat pada Sabtu (09/12/2023). Dalam safari politiknya itu, Anies berkunjung ke Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat. Ia pun diberi kesempatan untuk memegang Keris Sangyang Naga peninggalan Sunan Gunung Jati.

Capres dari koalisi perubahan ini juga sempat berorasi di alun-alun Sangkala Buana, Keraton Kasepuhan, Cirebon. Dalam orasinya itu, Anies di menyinggung soal kebebasan berbicara di Indonesia seperti belenggu yang mengancam.

Makanya dalam beberapa kesempatan, lanjut Anies, kata Indonesia kerap diubah menjadi Konoha, sebuah desa dalam film kartun Naruto. Hal ini dilakukan, karena rakyat takut untuk bersuara, apalagi yang berkaitan dengan mengkitik kekuasaan..

“Hari ini kita takut bicara. Menyebut Indonesia dengan wakanda, menyebut Indonesia dengan konoha,” tutur Anies di Cirebon, Sabtu (9/12/2023).

Di depan simpatisan, Anies pun menyinggung pentingnya kembali penguatan fungsi aparat penegak hukum seperti KPK. Sebab, kata Anies, tanpa penguatan KPK maka negeri ini akan rusak oleh koruptor dan orang-orang yang culas.

Menurutnya, para komisioner KPK yang bermasalah harus disingkirkan. Selain itu, Undang-Undang KPK perlu diubah seperti dulu dan menjadi lembaga yang independen. “Jangan dilemahkan dan harus diperkuat lagi,” tuturnya.

Usai melakukan kampanye dan orasi di alun-alun Keraton Kasepuhan, Anies mengunjungi vihara Dewi Welas Asih yang dibangun pada 1595. Dia pun disambut hangat oleh komunitas Tionghoa dan didoakan agar sukses dalam Pemilu 2024.

Kegiatan Capres di akhir pekan rupanya menarik perharian warganet. Ada warganet yang memuji Ganjar, karena kegemarannya olahraga dapat menjadikannya sosok pemimpin yang sehat secara jasmani. Kehadirannya pun dianggap bisa membawa suasana yang riang gembira.

“Banyak momen asyik nan seru, dimana salam sapa sekaligus berswafoto bersama turut hanyut dalam setiap pertemuan Ganjar dengan warga DKI yang juga tengah berolahraga,” ujar @bbahtiarr. “Mantap Pak bersosialisasi dengan rakyat sekaligus membantu rakyat dengan membeli barang dagangannya,” cuit @prazeus82. “Sehat selalu Pak, semoga menang di Pilpres 2024,” doa @Marhenigendhis.

Sementara itu, banyak juga warganet yang memuji Anies saat kunjungi Vihara Welas Asih di Cirebon. “Adem melihatnya. Pak Anies Mengunjungi Vihara Welas Asih Cirebon sebagai bentuk merangkul semua etnis dan golongan untuk Indonesia satu,” kata @BangPino__. “Sehat terus ya, Pak. Semoga keberkahan selalu menyertai Bapak dan keluarga. Aamiin,” kata @Elhazmihamza.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo