TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Komunitas Surat Sobek Buat Gebrakan dalam Pemberdayaan Lingkungan, Ubah Limbah Jadi Berharga

Oleh: Mg.Ahmad
Rabu, 10 Januari 2024 | 17:28 WIB
Foto : Mg.Ahmad
Foto : Mg.Ahmad

SETU - Komunitas Surat Sobek, membuat gebrakan dalam upayanya untuk memberdayakan lingkungan. Komunitas ini berusaha untuk mendaur ulang limbah kertas menjadi suatu hal yang bermanfaat dan memiliki nilai. 

Beben, salah satu penggiat di komunitas tersebut, menjelaskan bahwa Komunitas Surat Sobek berorientasi kepada kesadaran untuk melakukan daur ulang. Mereka juga terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hal tersebut. 

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi manusia lainnya, karena itu sebagai sebuah gerakan lokal, Surat Sobek hanya berupaya kecil-kecilan menularkan hal positif dengan kegiatan daur ulang ini," kata Beben, Rabu (10/1/2024.

Lebih lanjut, Beben memaparkan perjalanan komunitas yang sudah berdiri sejak 2022 ini dalam menyampaikan pesan soal isu lingkungan kepada masyarakat, melalui berbagai kegiatan positif yang diselenggarakan. 

"Selain workshop seputar daur ulang di tempat ini, kami juga ikut di pelbagai kegiatan, misalnya kemarin di acara Green Peace dengan tema Berhenti Basa-basi Buat Bumi, yang di mana di setiap stand Surat Sobek mengkhususkan kepada limbah bungkus rokok. Hal itu didasarkan bahwa perokok aktif di Indonesia banyak, jadi kami kira itu ada baiknya diberdayakan dengan semestinya," jelasnya. 

Meskipun belum mencapai tingkat partisipasi yang diharapkan, Komunitas Surat Sobek terus berupaya untuk menciptakan dan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat dan lingkungan. 

Hal-hal dan upaya kecil di tingkat lokal juga terus dilakukan untuk membuat perubahan yang besar. 

"kami berharap bisa konsisten bergerak di bidang membantu mengurangi pencemaran, khususnya limbah kertas, serta kegiatan di hari depan bisa lancar serta memiliki nilai jual untuk memberdayakan limbah kertas," tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo