TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hujan-hujanan Bisa Langsung Bikin Batuk Pilek, Apa Benar?

Laporan: Gema
Rabu, 17 Januari 2024 | 13:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Bermain saat hujan, merupakan aktivitas menyenangkan yang lazim untuk dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tetapi, ada anggapan yang beredar di masyarakat bahwa bermain hujan-hujanan mampu membuat seseorang langsung batuk pilek dan pusing.

Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata anggapan tersebut hanyalah sebuah mitos. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa hujan bisa membuat seseorang mengalami demam ataupun masalah kesehatan lainnya.

Seseorang dapat sakit setelah hujan-hujanan, ternyata penyebabnya adalah perubahan suhu pada lingkungan dan tubuh anda yang berubah.

Perubahan suhu tersebut mampu membuat virus dan bakteri lebih mudah untuk berkembang sehingga mendatangkan berbagai macam penyakit seperti batuk, demam, pusing, hingga radang tenggorokan.

Pada musim hujan, jenis virus yang paling sering ditemukan adalah rhinovirus. Virus ini menempel di rongga hidung ataupun tenggorokan Anda. Namun, hal ini dapat dihindari jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang baik terhadap penyakit.

Selain itu, disarankan agar langsung mandi setelah hujan-hujanan. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya infeksi pada kulit, lantaran air hujan mengandung kotoran yang mampu mengotori tubuh.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo