TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Dihadiri Presiden Jokowi

Laporan: AY
Selasa, 20 Februari 2024 | 08:05 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dilaksanakan pada Selasa 20 Februari 2024 pukul 16.00 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Rangkaian acara atau kegiatan sebelumnya sudah dilaksanakan dengan lancar. Selama tiga hari berturut-turut mulai 17 sampai 19 Februari, sejumlah kegiatan sudah terlaksana. Mulai dari seminar yang dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan berbagai narasumber kompeten untuk membahas peran pers dalam mewujudkan demokrasi di era digital bertempat di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara.

Salah satu acara menarik adalah seminar masa depan Jakarta pasca IKN, Tantangan Lingkungan dan Kompetisi Global, kemudian acara yang terkait lingkungan seperti penanaman pohon mangrove di Taman Wisata Angke Kapuk. 

Acara penanaman tanaman mangrove tersebut dihadiri Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar. Ada juga acara yang dikemas oleh seluruh wartawan olahraga yang tergabung dalam Siwo Pusat di mana hasil rapat kerjanya menghasilkan beberapa keputusan penting, yakni pekan olahraga wartawan (Porwanas).

Acara lain yang tak kalah penting dan meriah antara lain berbagi ribuan bibit pohon di Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman Jakarta pada Minggu 18 Februari. Bibit pohon ini diperuntukan bagi masyarakat umum yang berada di sekitar Jalan Sudirman.  

Bertempat di Candi Bentar Hall Ancol sebuah acara menarik juga diselenggarakan yakni seminar selamatkan bumi melalui penerapan prinsip Environmental Social Govermance (ESG), Konkernas PWI, Lomba masak IKWI dan konvensi nasional media massa.

Rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 ini diawali dengan acara pemotongan tumpeng di Gedung PWI Pusat tanggal 9 Februari lalu. Tanggal ini merupakan salah satu hasil keputusan Kongres PWI ke-28 di Padang pada tahun 1978. 

Diperkuat oleh keluarnya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional sehingga setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional sekaligus sebagai HUT PWI. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sendiri lahir tahun 1946. 

HPN merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Sebagai pilar demokrasi, eksistensi wartawan Indonesia menjadi semakin penting dalam perannya untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan dan menjaga keutuhan bangsa.

Dalam peringatan HPN tahun 2024, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut ambil bagian menjadi penyokong terselenggaranya perayaan Hari Pers Nasional 2024 di Jakarta.

Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengucapkan terima kasih atas kehormatan yang telah diberikan kepada Jakarta untuk kembali menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2024. 

Sinergi antara pemerintah dengan media berperan penting membentuk masyarakat yang demokratis dan tercerahkan. Harapannya, media dan seluruh insan pers dapat memberikan informasi kredibel dan bertanggung jawab dalam menyampaikan berbagai program pemerintah dan menyalurkan aspirasi masyarakat dengan baik.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo