TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

KPU Hari Ini Umumkan  Pemenang Pilpres 2024

Laporan: AY
Rabu, 20 Maret 2024 | 08:55 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Jika tidak ada aral melintang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan pemenang Pilpres 2024 hari ini. Hingga tadi malam, KPU sudah melakukan rekapitulasi di 36 provinsi dari 38 provinsi. Hasilnya, Prabowo-Gibran menang di 34 provinsi. Meski menang telak, Prabowo-Gibran minta pendukungnya tak merayakan berlebihan.


Seruan itu disampaikan Cawapres 02, Gibran Rakabuming Raka, saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). Wali Kota Solo ini berusaha menjaga perasaan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Ya ditunggu aja besok (hari ini) tanggal 20 Maret,” kata Gibran.

Untuk diketahui, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 berlangsung mulai dari 15 Februari hingga 20 Maret 2024. Maksimal, KPU harus mengumumkan pemenang Pilpres pada 20 Maret 2024. “Pendukung tidak perlu euforia berlebihan,” pesan Gibran.

Gibran menyatakan akan tetap berada di Solo saat KPU mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu 2024. “Besok saya tetap di Solo ya,” ungkapnya.

Menyoal rencana pertemuannya dengan Prabowo, Gibran belum bisa memastikan. Begitu juga dengan acara syukuran kemenangan yang biasa dilakukan sang juara. “Ya nanti (bertemu Prabowo). Belum ada (syukuran),” imbuh putra sulung Presiden Jokowi itu.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Herman Khaeron mengatakan, pihaknya siap mengikuti arahan Gibran agar tidak merayakan kemenangan secara berlebihan.

“Tentu rasa syukur atas kemenangan pasangan 02 tidak perlu berlebihan. Justru lebih penting bagi kami adalah berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberi kepercayaan kepada pasangan Prabowo-Gibran, sehingga menang satu putaran,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Sementara, Juru bicara Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Indra Charismiadji mengatakan, pihaknya akan menggugat hasil KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan memperjuangkan hak angket di DPR.

Kalau kami di 01 akan menunggu pengumuman resmi dari KPU baru akan melangkah sesuai dengan apa yang dipersiapkan tim hukum, sekaligus partai pengusung di DPR,” jelas Indra

Senada dikatakan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim. Dia menilai, pernyataan Gibran tepat. Sebab, emosional masyarakat sedang memuncak di Pilpres. Dengan permintaan Gibran tersebut, diharapkan bisa meredakan.

Meski begitu, Chico menegaskan, urusan Pilpres belum selesai meskipun KPU mengumumkan pemenang Pemilu dan Pilpres hari ini.

“Kami akan gugat hasil Pilpres ke MK, dan juga di DPR kemungkinan digulirkan hak angket,” tegas politisi PDI Perjuangan itu.
KPU Kebut Rekapitulasi

Anggota KPU, August Mellaz memastikan, pihaknya akan mengumumkan pemenang Pilpres hari ini. KPU tidak berencana untuk memundurkan pengumuman hasil Pemilu. KPU memastikan akan menyelesaikan rekapitulasi di 38 provinsi.

“Banyak angle berita yang bilang KPU akan memundurkan segala macem. Kan tidak ada KPU memundurkan,” jelas Mellaz.

Dia menjelaskan, dalam penetapan hasil nasional Pemilu 2024 perlu melalui berbagai tahapan, salah satunya yakni rekapitulasi. Sehingga, proses rekapitulasi ini harus benar-benar dilakukan dengan sebaik-baiknya dan teliti. Tujuannya agar penetapan hasil Pemilu 2024 juga berjalan dengan lancar.

Mellaz juga menyebutkan, proses penetapan hasil Pemilu bisa saja langsung diumumkan bersamaan dengan rekapitulasi nasional selesai. Namun, ada juga opsi untuk ambil jeda guna beristirahat sembari memeriksa kelengkapan dokumen.

“Tenggat waktu ada sampai 20 Maret, nah kalau rekapitulasi selesai, maka kita bisa lanjutkan proses berikutnya untuk penetapan,” pungkas dia

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo