Usulan Tentang Pembatasan Usia Kendaraan Di Jakarta Kembang Kempis
JAKARTA - Pembatasan usia kendaraan di Jakarta, kembang kempis dari beberapa tahun lalu. Akankah kali ini terwujud?
Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail menilai, pembatasan usia kendaraan, bakal ampuh untuk mengatasi polusi udara dan kemacetan.
Ismail menjelaskan, pembatasan usia kendaraan, bisa menjadi opsi lain dari kebijakan pembatasan kendaraan pribadi, sesuai Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ), terkait kewenangan khusus perhubungan.
"Opsi lainnya, bisa pembatasan usia kendaraan yang boleh lalu lalang di Jakarta. Toh, kebijakan itu ujung-ujungnya mengurangi jumlah kendaraan yang beredar, berdasarkan usia," ujar Ismail, dikutip dari laman DPRD DKI.
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Muhammad Taufik Zoelkifli mendukung usulan pembatasan usia kendaraan. Menurut dia, kebijakan pembatasan usia kendaraan, bisa mengatasi kemacetan dan polusi.
"Tentu kalau kendaraan dibatasi, maka kemacetan bisa berkurang. Polusi juga bisa berkurang," katanya kepada Redaksi.
Sementara itu, Anggota Komisi B DRPD DKI dari Fraksi PSI August Hamonangan mengatakan, pembatasan usia kendaraan harus melalui kajian dan riset mendalam.
Sebab, lanjutnya, pembatasan usia kendaraan, tidak hanya berpengaruh ke kendaraan pribadi. "Perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dan sektor bisnis," ucap August.
Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan August Hamonangan.
Apakah pembatasan usia kendaraan bisa mengurangi kemacetan?
Perlu ada kajian mendalam yang perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dan sektor bisnis, serta infrastruktur pendukung untuk daur ulang kendaraan.
Apa lagi yang perlu dipertimbangkan?
Pembatasan umur kendaraan, sebaiknya dilakukan jika Pemprov sudah benar-benar bisa menjadikan transportasi umum sebagai pilihan yang terbaik bagi mayoritas masyarakat.
Jika diberlakukan, berapa maksimal usia kendaraannya?
Soal berapa usia kendaraannya, adalah hal yang perlu dipertimbangkan masak-masak.
PKS menilai, pembatasan usia ini perlu karena jumlah kendaraan semakin banyak.
Apa tanggapan Anda?
Jika perlu ada pembatasan usia kendaraan, contoh model pembatasan dapat meniru seperti Singapura.
Kenapa harus seperti di Singapura?
Di sana, pembatasan memiliki limit usia kendaraan 10 tahun. Jika lewat 10 tahun, perlu melakukan registrasi ulang kepemilikan kendaraan.
Solusi lain dari Anda?
Dibutuhkan langkah lain, seperti sertifikasi garasi mobil untuk setiap pembelian mobil baru, serta uji emisi.
Anda yakin cara ini efektif?
Semua ini harus dilakukan untuk mengendalikan jumlah kendaraan bermotor yang mencapai lebih dari 25 juta unit. Sehingga, masyarakat berpindah moda transportasi, dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.
Lifestyle | 1 hari yang lalu
TangselCity | 1 hari yang lalu
Pos Tangerang | 1 hari yang lalu
Nasional | 1 hari yang lalu
Pos Tangerang | 1 hari yang lalu
TangselCity | 1 hari yang lalu
Nasional | 1 hari yang lalu
Nasional | 1 hari yang lalu
TangselCity | 1 hari yang lalu
TangselCity | 1 hari yang lalu