TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Relawan Anies Terpecah Jelang Pilgub Jakarta 2024

Laporan: AY
Selasa, 04 Juni 2024 | 08:33 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Relawan Anies Baswedan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terpecah menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta. Sebagian dukung Anies, sebagian dukung Sudirman Said.

Seperti diketahui, Sudirman adalah mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, merupakan orang dekat Anies. Pada Pilpres 2024, Sudirman menjabat sebagai co-Captain Tim Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN).

Inisiator Relawan Anies untuk Sudirman Said, Muhammad Ramli Rahim mengatakan, pihaknya lebih mendukung Sudirman yang maju ke Pilgub Jakarta. Karena, dia menilai, Anies saat ini sudah di tingkat nasional. “Kami berharap, Pak Anies fokus membawa gerakan perubahan,” kata Ramli, Senin (3/6/2024).

Ramli pun mengklaim, dukungan untuk Sudirman Said juga datang dari partai politik di luar Koalisi Perubahan. Bahkan, menurut dia, dukungan lebih terbuka terhadap Sudirman dibandingkan untuk Anies.

“Seperti pernyataan terbuka dari teman-teman Demokrat, itu sudah disampaikan. Teman-teman Gerindra juga terbuka dengan Pak Dirman,” sambungnya.

Namun, Ketua Umum Simpul Relawan Pejuang Anies Rasyid Baswedan (ABW) Arini Soemardi menyatakan, tidak masalah jika Sudirman Said ikut daftar di Pilgub Jakarta. Dia yakin, Anies yang akan diusung partai di Pilgub Jakarta.

“Mas Dirman baik, jujur. Namun, partai akan dukung calon yang bisa membawa kemenangan,” ujar dia kepada Redaksi, Senin (3/6/2024).

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara selengkapnya dengan Muhammad Ramli Rahim.

Ada relawan Anies pada Pilpres 2024 yang ingin Anies maju ke Pilgub Jakarta. Tanggapan Anda?

Dukungan relawan terhadap Pak Anies untuk bertarung di Pilgub Jakarta, tidak begitu besar. Tidak lebih dari 20 simpul. Jauh lebih banyak yang mendukung Sudirman Said maju ke Pilgub Jakarta.

Relawan di barisan Anda, tidak mendukung Anies maju ke Pilgub Jakarta ya?

Kami mendorong Pak Anies tetap berada di level nasional. Kami tidak ingin Anies menghancurkan dirinya sendiri di Pilgub Jakarta. Karena, kami berpandangan, setelah jadi Capres, sebaiknya tidak jadi calon gubernur (Cagub).

Ada berapa simpul relawan yang mendukung Sudirman Said?

Ada 51 simpul relawan Anies berbasis Jakarta yang mendorong Pak Sudirman maju ke Pilgub Jakarta.

Bagaimana perkembangan dukungan untuk Sudirman?

Kami sudah menggelar dua kali deklarasi dan konsolidasi. Pertama, di Utan Kayu untuk Jakarta Timur. Kedua, di Kebon Jeruk untuk Jakarta Barat.

Namun deklarasi dukungan untuk Anies ke Pilgub Jakarta pun sudah ada. Suara relawan pecah dong?

Saya sangat yakin, Pak Anies tidak akan ikut kontestasi Pilgub Jakarta. Apalagi,

relawan Anies jauh lebih banyak yang mengharapkan Anies tetap sebagai pemimpin nasional perubahan, bukan turun ke Jakarta.

Bagaimana jika partai-partai meminta Anies untuk maju?

Parpol yang berharap masuk kabinet Prabowo, hampir pasti tidak akan mencalonkan Anies.

Seberapa besar dukungan ke Sudirman Said?

Sekitar ⁠80 persen tokoh yang menyokong Anies pada Pilpres 2024, mendukung Sudirman di Pilgub Jakarta. Mereka lebih mendukung Anies menjadi tokoh nasional perubahan. Tidak ingin gerakan perubahan hancur gara-gara Anies kalah di Pilgub Jakarta.

Apakah sudah ada parpol yang ingin mengusung Sudirman Said?

Proses masih panjang

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo