TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kantor Presiden Di IKN Sudah Rampung

Laporan: AY
Selasa, 23 Juli 2024 | 09:32 WIB
Kantor Presiden di IKN. Foto : Ist
Kantor Presiden di IKN. Foto : Ist

IKN - Kurang dari 1 bulan jelang upacara kemerdekaan, ada kabar baik soal progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bilah Garuda ke 4.650 telah berhasil dipasang. Dengan demikian, kantor Presiden di IKN sudah rampung.

Dipasangnya bilah Garuda ke 4.650 bila dilihat dari video yang diunggah @kemenpupr, pada Minggu (21/7/2024). Pemasangan bilah Garuda disaksikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN sekaligus Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Perancang bilah-bilah Garuda, I Nyoman Nuarta, terlihat hadir di lokasi.

“Tahukah #SahabatPUPR, pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping of) di Sayap Barat Selubung Garuda telah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke 4.650,” tulis keterangan dalam unggahan @kemenpupr itu.

Dengan pemasangan bilah ke 4.650, maka pembangunan gedung Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN telah selesai. “Sebelumnya, pemasangan bilah perdana dilakukan pada 17 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),” tambahnya.

Pada video tersebut juga menampilkan sambutan yang disampaikan Basuki Hadimuljono. Basuki bersyukur, saat ini pembangunan Kantor Presiden telah selesai.

“Alhamdulillah malam ini kita akan melihat pelaksanaan pemasangan bilah ke 4.650 yang menandai selesainya pembangunan Garuda kita ini,” sebut Basuki.

Di kesempatan sama, I Nyoman Nuarta berharap proses pembangunan IKN berjalan lancar. “Mudah-mudahan ke depannya sampai tanggal yang ditentukan tidak boleh kerja lagi. Kita bisa menyelesaikannya dengan baik pemasangan bilah dah lain-lainnya,” sebut Nyoman Nuarta.

Dikutip dari laman Instagram yang sama, bilah Garuda ini terbuat dari weathering steel (baja tahan cuaca). Baja ini berkekuatan tinggi yang dirancang untuk mengembangkan lapisan oksida mirip karat yang melindungi permukaannya tanpa memerlukan cat tambahan.

Baja ini membentuk lapisan karat alami dalam waktu 6 bulan yang justru mencegah korosi lebih lanjut dengan ketahanan korosi 4-8 kali lebih baik, dan kekuatan mekanik 30 persen lebih tinggi dibanding baja karbon konvensional.

Weathering steel tidak memerlukan cat atau perawatan berkala. Karena estetika unik dan daya tahan baja ini menjadi pilihan favorit dalam arsitektur dan seni luar ruangan sehingga menjadikan setiap struktur menjadi tahan lama dan menawan.

Terpisah, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko memastikan rencana pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di IKN masih on-schedule. “Ya, masalah jadwal IKN tetap, tidak ada yang bergeser. Upacara 17 Agustus akan dijalankan di IKN,” kata Moeldoko kepada wartawan di Kantor KSP, Bina Graha, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Moeldoko menambahkan Presiden Joko Widodo akan segera mengecek langsung infrastruktur penunjang pelaksanaan HUT Ke-79 RI di IKN. Presiden juga akan mulai berkantor di ibu kota baru pengganti Jakarta itu dalam waktu dekat.

Menurutnya, Menteri Basuki telah memberikan informasi perkembangan terbaru mengenai pembangunan IKN kepada Presiden. Kepada Presiden, kata Moeldoko, Basuki telah menyampaikan bahwa IKN telah siap untuk digunakan sebagai tempat upacara pengibaran bendera.

Dia juga menyebut Presiden akan memimpin upacara HUT RI ke-79 di IKN dengan ditemani Presiden terpilih, Prabowo Subianto. “Berikutnya di Istana Negara ini akan dipimpin oleh bapak Wapres Ma’ruf Amin dan Wapres terpilih (Gibran Rakabuming Raka). Itu 17 Agustus. Tetap belum ada perubahan sampai saat ini,” tegas mantan Panglima TNI itu.

Lebih lanjut, Moeldoko menyatakan telah melayangkan surat kepada Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno agar Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara bisa segera dibereskan.

“Ya ini saya sudah menyampaikan surat kepada Pak Mensesneg tentang itu (Keppres pemindahan ibu kota baru),” bebernya.

Kendati demikian, Moeldoko tidak dapat memastikan kapan Keppres pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN akan diterbitkan. “Aku belum tahu, nanti akan saya cek,” cetus Moeldoko.

Selesainya pembangunan Kantor Presiden di IKN disambut gembira warga dunia maya. “Wow mantap,” tulis @devydumanauw. “Alhamdulilah terima kasih ya sudah bekerja keras. Secara personal saya bangga dan mendoakan kalian selalu diberi kesehatan dan cuaca mendukung agar proses pembangunan lancar,” timpal @new.armanli14.

Akun @mugiwara_mania terheran-heran karena sebelumnya dia tidak percaya ibu kota bakal pindah. “Dulu saya pikir mustahil dengan lihat desain awal. Tapi saya angkat topi dengan semua pihak yang bekerja dengan sungguh-sungguh. Selamat Pak Presiden, Pak Menteri dan arsitek serta tim lapangan kalian,” ucap dia. “Keren abis,” tukas @william..kareyau. “Alhamdulillah semoga berjalan sesuai rencana. Maju terus Indonesia,” pungkas @_nurinbarlaman76.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo