TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Nggak Mau Buru-buru Ngantor Di IKN

Laporan: AY
Jumat, 26 Juli 2024 | 08:17 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memang sudah rampung. Namun, Presiden Jokowi nggak mau buru-buru ngantor di IKN. Jokowi ingin memastikan, semua fasilitas sudah siap dulu.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi selepas meluncurkan Golden Bisa di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (25/7/2024). Saat itu, awak media menanyakan kapan Presiden akan mulai berkantor di IKN.

“Semuanya, kesiapan, sekali lagi kesiapan di IKN,” jawab Presiden.

Kepala Negara menegaskan tidak ingin memaksakan berkantor di IKN sementara fasilitasnya belum siap. Dia khawatir, bila dipaksakan malah menurunkan kualitas bangunan. “Selama itu benar-benar siap, ya saya akan masuk,” lanjut Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku, selalu memantau perkembangan pembangunan IKN. Terbaru, dirinya mendapat laporan dari Otorita IKN bahwa sistem pengairan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) sudah masuk. “Saya tetap akan melihat fasilitasnya sudah selesai atau belum, siap atau belum. Yang disampaikan ke saya, airnya sudah masuk,” tandas mantan Wali Kota Solo itu.

Selain itu, Jokowi juga berbicara mengenai rencana sidang kabinet di IKN. Jokowi mengatakan hal itu bisa saja digelar asalkan fasilitasnya siap. “Ya, kalau semuanya sudah siap, kalau kursinya belum ada, gimana mau duduk. Masa lesehan, sidang kabinet lesehan,” ucap Jokowi, berkelakar.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkap rencana Jokowi berkantor di Nusantara. “Kemungkinan Bapak Presiden akan berkantor di IKN 1 hingga 2 hari di akhir Juli 2024,” sebut Heru, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Hari pertama berkantor di IKN pada 28 Juli. Presiden berencana meninjau infrastruktur seperti jalan tol dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). “Kami bersama PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan untuk Bapak Presiden berkantor di IKN,” tambahnya.

Heru menjelaskan, pihaknya kini sedang mempersiapkan peralatan penunjang kinerja Presiden berkantor di IKN. Seperti kursi dan meja kerja. “Mulai tanggal 25 Juli, kita mengisi kebutuhan furnitur, yang memang harus disiapkan untuk Bapak Presiden,” terang Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Heru juga menuturkan, Presiden akan bolak-balik ke IKN sebelum upacara 17 Agustus-an. Sebab, terdapat serangkaian kegiatan Presiden jelang upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 itu. “Kami tentunya konsentrasi di sana untuk mempersiapkan semua sarana prasarana dalam rangka 17 Agustus,” ucap Heru.

Fasilitas ASN Di IKN

Terpisah, Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni membocorkan sejumlah fasilitas yang didapat aparatur sipil negara (ASN) ketika pindah ke rumah dinas (rumdin) di IKN. Hal itu dilihat dari unggahan video Raja Juli di akun Instagram pribadinya, @rajaantoni, Kamis (25/7/2024).

Mula-mula, Raja Juli memamerkan salah satu unit rumdin yang nantinya akan dihuni ASN. Di rumdin tersebut terdapat tiga kamar tidur yang cukup luas. Lengkap dengan sejumlah furnitur dan alat elektronik seperti televisi. Bahkan, juga tersedia kitchen set. “Seperti inilah kira-kira interior hunian yang akan ditempati ASN nanti di IKN. Selain kantor, Pemerintah juga memastikan hunian yang nyaman bagi ASN,” sebut Raja Juli.

Raja Juli juga memperlihatkan sebuah ruangan luas berkonsep open space, yang menggabungkan antara ruang makan, ruang keluarga, serta area balkon yang mengarah ke sisi luar.

Sementara, ruang tamunya memperlihatkan satu set sofa dengan sebuah televisi, yang di sampingnya tersedia balkon luas. Dia pun kemudian mengecek sebuah kamar tidur yang sudah dilengkapi kasur, pendingin ruangan, lemari, serta dilengkapi dengan kamar mandi dan balkon.

Sementara dua kamar lainnya terlihat berukuran lebih kecil, yang isinya persis seperti yang lain. Di kamar tidur dengan ukuran kecil ini juga dilengkapi meja kerja. Dengan dibatasi koridor, di depan kedua kamar itu pun sudah tersedia satu kamar mandi lengkap dengan shower, closet duduk, dan wastafel.

Area dapurnya pun cukup luas. Bahkan, sudah dilengkapi oleh seperangkat kitchen set berupa kompor tanam dua tungku dengan cooker hood di atasnya. Di depannya terdapat sebuah meja cukup besar dengan sebuah kitchen sink, lengkap dengan satu set meja makan di dekatnya.

Sementara, di posisi samping dapur terlihat ada ruang kosong serbaguna, yang menurut Raja Juli bisa dimanfaatkan oleh penghuni untuk menjemur pakaian atau digunakan sebagai gudang.

“Insya Allah ASN akan betah bekerja di apartemen yang cakep ini,” harap Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) itu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo