TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jangan Buat Rakyat Susah

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 08:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Ekonomi global tahun depan diprediksi akan lebih buruk dari tahun ini dan tahun 2023. Ini terutama akibat meruncingnya konflik Iran-Israel pasca pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, meluasnya perang Rusia-Ukraina serta tak menentunya kondisi politik Amerika Serikat pasca penembakan Donald Trump.

Konflik politik yang melibatkan negara-negara besar itu bisa menekan ekonomi Indonesia. Bisa menyebabkan harga bahan pangan dan energi melonjak. Dan, ini bisa membuat rakyat kecil yang tak punya penghasilan tetap, menderita.

Naiknya harga bahan pangan dan energi akan menyebabkan, orang-orang yang selama ini masuk kategori hampir miskin turun kelas jadi miskin.

Supaya orang-orang di lapisan paling bawah tetap bisa makan dan menyekolahkan anak, bantuan sosial (bansos) sembako dan bansos uang tunai mesti dikucurkan lagi hingga akhir tahun depan.

Pemerintah jangan pelit kepada rakyatnya. Apalagi dalam kondisi ekonomi nasional menghadapi tekanan berat. Kalau pemerintah pelit. Kalau pemerintah tak menambah subsidi BBM, subsidi listrik dan subsidi pupuk, rakyat kecil akan terpuruk.

Kita berharap, para petinggi negeri ini, baik di eksekutif maupun legislatif yang menangani anggaran bansos sembako dan bansos uang tunai, tak mempersulit proses pengalokasian anggaran bansos untuk orang-orang yang ada di lapisan bawah.

Di tingkat kementerian, provinsi, kabupaten dan kota jangan ada lagi pejabat yang tak pro rakyat kecil. Kalau masih ada oknum pejabat yang suka bikin susah rakyat kecil, maka atasan sang oknum mesti menindak tegas oknum tersebut.

Oleh karena itu, kita juga berharap, para menteri, gubernur, bupati dan walikota segera membersihkan institusinya dari oknum-oknum nakal yang suka mempersulit rakyat kecil.

Supaya rakyat kecil lebih mudah mendapatkan beras dan sembako murah, Bulog bersama-sama Kementerian Perdagangan, gubernur, bupati dan walikota mesti rutin menggelar operasi pasar di perkampungan padat penduduk.

Jadi sekali lagi, pada saat ekonomi nasional mengalami tekanan berat akibat memburuknya ekonomi global, pemerintah dan DPR tak boleh pelit kepada rakyat.

Begitu ada tanda-tanda harga sembako akan melonjak, cepat lakukan operasi pasar. Cepat berikan bansos. Sebab, kalau bansos terlambat disalurkan, rakyat bisa kelaparan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo