TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pasar Pramuka Bakal Jadi Modern Bersih Dan Teratur, Segera Tersambung Dengan LRT

Oleh: Farhan
Senin, 05 Agustus 2024 | 10:09 WIB
Pj Gubernur Jakarta Heru Budi saat melihat maket renovasi Pasar Pramuka. Foto ; Ist
Pj Gubernur Jakarta Heru Budi saat melihat maket renovasi Pasar Pramuka. Foto ; Ist

JAKARTA - Pasar Pramuka yang menjual obat dan alat kesehatan di Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur, akan segera direvitalisasi dan terhubung dengan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ini sedang ber­langsung.

Heru meminta maaf karena selama proses pembangunan LRT Jakarta Fase 1B terdapat pergeseran lajur kendaraan yang menimbulkan kemacetan, terma­suk di Jalan Pramuka.

“Semoga bisa segera kita se­lesaikan. Untuk rute Pramuka, konsepsi tahun ini sudah selesai. Mudahan-mudahan lalu lintas bisa kembali normal,” kata Heru saat meninjau rencana revitalisasi Pasar Pramuka, Jumat (2/8/2024).

Dalam peninjauan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menjual Sembako Murah di area parkir Pasar Pramuka. Sebanyak 1.000 paket sembako diburu warga sekitar pasar. Sembako Murah ini untuk menjaga daya beli masyarakat dan menekan inflasi.

Heru mengatakan, inflasi di Jakarta saat ini mencapai 1,97 persen di bawah inflasi nasional.

Revitalisasi Pasar Pramuka ini disambut baik Perhimpunan Farmasi Pasar Pramuka. Meng­ingat pasar yang berdiri sejak ta­hun 1984 ini butuh peremajaan.

“Tentu, kenyamanan juga berubah, keamanan juga pasti sangat berpengaruh, khususnya di struktur mechanical-electrical,” ujar Edy Haryanto, Ketua Perhim­punan Farmasi Pasar Pramuka.

Menurut Edy, para pedagang juga mendukung revitalisasi tersebut. Mereka ingin Pasar Pramuka menjadi lebih baik.

“Ketika Perumda Pasar Jaya ingin merevitalisasi, kita bukti­kan selama 4 bulan sosialisasi, sudah 100 persen pedagang menyetujui dan menandatangani daftar persetujuan,” katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mendukung revitalisasi pasar tidak mengganggu proses jual beli. Saran dari para pedagang terkait relokasi sementara pun dapat dipenuhi oleh Perumda Pasar Jaya.

 akan pindah sementara di lantai 2, yang sekarang ruang parkir. Artinya, proses revital­isasi tidak mengganggu proses jual beli pedagang,” ungkapnya.

Salah satu pedagang obat, Indra bersyukur dengan adanya revitalisasi. Apalagi nanti akan ada penambahan dan perbaikan fasilitas di pasar.

“Kami mendengar akan ada pembenahan fasilitas, seperti rolling door, hydrant, ubin di­tata. Ya intinya diperbaiki tanpa mengubah tempat semula kita berjualan. (Selama revitalisasi) kita tetap bisa berjualan, cuma beda lantai aja,” tuturnya.

Pemprov DKI Jakarta me­lalui Perumda Pasar Jaya terus mendorong pembangunan dan revitalisasi Pasar. Setelah awal tahun meresmikan dua pasar sekaligus, yaitu Pasar Jati Ra­wasari dan Pasar Cilincing, kini giliran Pasar Pramuka.

Manager Hubungan Masyara­kat Perumda Pasar Jaya Agus Lamun mengatakan, revitalisasi Pasar Pramuka ini untuk meningkatkan layanan kenyamanan dan kemudahan bagi pedagang dan pengunjung.

“Ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkat­kan fasilitas pasar tradisional di Jakarta,” katanya.

Dia menjelaskan, revitalisasi Pasar Pramuka mencakup peningkatan infrastruktur (Pem­baharuan instalasi mechanical-electrical dan plumbing) dengan merenovasi bangunan untuk memperbaiki tampak muka dengan desain yang lebih modern, modernisasi fasilitas dan peningkatan pelayanan yang ramah lingkungan seperti utilitas, masjid dan sarana parkir yang lebih memadai.

Revitalisasi ini, lanjut dia, akan mengembalikan fungsi ruang terbuka hijau yang juga dapat di­manfaatkan sebagai fasilitas pub­lik. Dengan meningkatkan sistem ventilasi dan pencahayaan.

“Untuk menciptakan ling­kungan yang lebih sehat dan nyaman, dengan menambahkan ornamen Betawi tanpa mening­galkan kearifan lokal yang ada di Jakarta” ungkapnya.

Diharapkan, Pasar Pramuka dapat menjadi pilihan utama masyarakat untuk memenuhi ke­butuhan kesehatan. Pasar yang lebih modern, bersih dan teratur akan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik, serta meningkatkan kesejahteraan para pedagang.

Menurut Agus, revitalisasi ini tidak hanya akan meningkatkan kenyamanan, tapi juga mem­berikan dampak positif bagi per­ekonomian lokal dan menjaga kelestarian pasar tradisional di tengah gempuran era digital­isasi. Serta bukti konkret dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo