TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Nyatakan Komitmen Di Depan Jokowi Dan Para Menteri

Prabowo Akan Mempercepat Pembangunan IKN

Laporan: AY
Selasa, 13 Agustus 2024 | 09:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk melanjutkan dan mempercepat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang sudah dirintis Presiden Jokowi.

Komitmen Prabowo itu disampaikan di depan Jokowi dan para menteri, saat melakukan kunjungan kerja dan mengikuti rapat kabinet di IKN, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Menteri Pertahanan itu setidaknya hingga tiga kali menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan, mempercepat, dan kalau bisa menuntaskan proyek pembangunan IKN.

Penegasan pertama disampaikan Prabowo saat meninjau embung yang ada Kawasan Inti Pusat Pemerintah IKN. Pada kesempatan ini, Prabowo memuji Jokowi yang sudah mengambil peran sejarah dengan membangun IKN.

“Beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan, kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan,” kata Prabowo.

Prabowo juga menyampaikan komitmen yang sama saat ditanya soal kelanjutan pembangunan IKN. Kali ini, pernyataan Prabowo disampaikan di depan Istana Garuda IKN, usai berkeliling di kawasan inti pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Prabowo didampingi Jokowi dan Mensesneg Pratikno. Saat itu, Jokowi menyampaikan pembangunan IKN sudah sesuai harapan. Ia juga mengungkit, harapannya agar IKN menjadi kota hijau.

Setelah itu, awak media bertanya kepada Prabowo kesan berkeliling di IKN dan komitmennya dalam pembangunan IKN. Mantan Danjen Kopassus itu, secara umum mengulangi pernyataannya di kawasan embung. Kata Prabowo, secara garis besar perencanaan pembangunan IKN ini memang panjang, hingga belasan tahun.

Namun, Prabowo optimis dalam 4 atau 5 tahun ke depan, kawasan inti pemerintahan sudah bisa berfungsi dengan baik. Artinya, fungsi sebagai ibu kota akan berjalan dengan baik.

Prabowo mengaku, memang bukan ahli teknik sipil, tapi dari hasil perkiraannya, kawasan inti pemerintahan di IKN akan selesai dalam waktu 5 tahun ke depan. "Itu sudah bagus. Sudah selesai," ujarnya.

Prabowo juga menegaskan komitmennya untuk berkantor di IKN setelah dilantik nanti. “Namanya kalau ibu kota ya presiden ada di ibu kota,” cetusnya.

Penegasan Prabowo soal kelanjutan IKN juga disampaikan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda. Dalam video yang dibagikan Sekretariat Presiden, Prabowo menegaskan, komitmennya untuk melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan IKN. Menurut Prabowo, proyek IKN sangat penting untuk pemerataan pembangunan dan untuk mengurangi beban Pulau Jawa yang selama ini menjadi pusat populasi dan kegiatan ekonomi.

“Saya kira, supaya jelas dan tadi sudah saya tegaskan beberapa kali bahwa IKN ini akan kami tuntaskan, akan kami selesaikan dengan baik. Karena memang sangat dibutuhkan, tadi Bapak Presiden menyampaikan soal pemerataan dan keinginan kami untuk juga meringankan daya dukung Pulau Jawa terhadap konsentrasi populasi dan konsentrasi kegiatan,” ungkap Prabowo.

Prabowo menyatakan rasa bangganya terhadap nuansa budaya yang kuat di IKN dan mengapresiasi jerih payah Jokowi beserta jajaran menteri yang telah memulai pembangunan IKN. Ia berjanji untuk mempercepat proses pembangunan IKN, terutama untuk pusat pemerintahan.

“Dan untuk ini juga, saya ingin meyakinkan Otorita bahwa ruang anggaran yang kami siapkan cukup besar, dan kami kira bisa selesaikan beberapa hal yang penting dalam IKN ini,” imbuhnya.

Menurut Prabowo, prioritas utama adalah pembangunan gedung-gedung penting seperti Gedung MPR/DPR, perumahan anggota, serta ruang kantor untuk yudikatif, termasuk Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK). "Kalau itu sudah selesai, sebetulnya secara substansi ibu kota pemerintah sudah bisa beroperasi di sini. Jadi kita tidak perlu tunggu yang lain-lain. Saya kira yang lain-lain itu akan menyusul," jelasnya.

Selain itu, Prabowo juga menyoroti pentingnya kesiapan menghadapi potensi bencana, terutama kebakaran hutan, mengingat konsep IKN sebagai forest city. Ia menekankan, perlunya teknologi canggih untuk pemantauan dan penambahan tim pemadam kebakaran. "Tidak boleh ada sedikit pun peluang untuk mengancam Ibu Kota Negara," tegas Prabowo.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diterimanya dari Jokowi dan para menteri dalam menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang akan datang. Dukungan tersebut, menurut Prabowo, membuatnya sangat optimistis meskipun tantangan global cukup besar.

Prabowo yakin, dengan selesainya pusat pemerintahan di IKN, akan ada lebih banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di ibu kota baru ini. "Saya optimis selesainya pusat pemerintahan dengan investasi yang lain akan mengundang investor lebih besar lagi," pungkasnya.

Sementara, Jokowi mengaku, bersyukur progres pembangunan IKN dan menyatakan berjalan sesuai dengan harapan. Ia berharap, IKN akan menjadi kota yang hijau.

Mantan Wali Kota Solo itu lalu menekankan pentingnya pembangunan kawasan inti pemerintahan. Kata dia, ini penting agar bisa menarik lebih banyak investor. “Karena investasi di IKN ini adalah investasi masa depan, bukan sekarang,” kata Jokowi.

Jokowi lalu mengomentari belum ditekennya Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan ibu kota. Kata Jokowi, proses pemindahan ibu kota tidak hanya menyangkut masalah administrasi, tetapi juga kesiapan lapangan. Karena itu harus diperhatikan betul kondisi kesiapan di lapangan.

"Kita pindah rumah saja waduh ribetnya, ini pindah ibu kota. Jadi jangan menggampangkan,” tegasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo