TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Presiden Jokowi Jajal Kereta Otonom Di IKN

Laporan: AY
Rabu, 14 Agustus 2024 | 10:16 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Presiden Jokowi memastikan bahwa transportasi massal di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan berbasis energi hijau. Salah satu opsi yang digunakan adalah menggunakan Autonomous Rapid Transit (ART), yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik. 

"Selain murah, itu energinya, energi hijau," ujar Jokowi usai menjajal ART bersama sejumlah menteri di IKN, seperti dilihat di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/8).

Presiden mengatakan bahwa ART sudah bisa digunakan di IKN, termasuk saat perhelatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 nanti. 

"Kalau kita gunakan ART ini, jalanan memang harus lebar, dan jalan di IKN memang sudah didesain lebar. Cukup untuk itu," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyoroti kebutuhan transportasi massal berbasis energi hijau di kota-kota lain di Indonesia. Seperti di Surabaya, Makassar, Medan, dan Bandung.

Menurut Presiden, biaya pembangunan ART ini jauh lebih murah dibandingkan dengan Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rapid Transit (LRT). 

"Kalau kita pengen ini, harganya kira-kira Rp 70-an miliar, satu unitnya. Nah kalau kita membangun MRT, itu perkilonya Rp2,3 triliun. Kalau kita mau membangun LRT, itu kurang lebih Rp 700 miliar per kilometer. Bedanya di situ. Ini tidak berbasis rel. Lebih murah. Infrastruktur dasarnya kita pakai jalan yang ada," paparnya.

Namun, Jokowi juga mengakui adanya kendala dalam penerapan ART di beberapa kota karena lebar jalan yang tidak memadai. 

"Problemnya, hampir di semua kota, jalannya kurang lebar. Itu masalahnya. Tidak semua kota bisa memakai ART ini," tegasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo