TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pramono-Rano Duet Untuk Jakarta, Risma Tantang Khofifah Di Jatim

Laporan: AY
Rabu, 28 Agustus 2024 | 08:03 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) akhirnya memilih mengusung kader sendiri di Jakarta. Partai berlambang banteng moncong putih ini, menduetkan 2 kader seniornya: Pramono Anung-Rano Karno yang nanti akan melawan duet Ridwan Kamil-Suswono yang diusung KIM Plus. PDIP juga menyiapkan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk Pilgub Jawa Timur melawan Khofifah Indar Parawansa.

Hingga semalam, pasangan Pramono-Rano memang belum diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, sejumlah petinggi banteng sudah memastikan, untuk Jakarta, PDIP tidak jadi mengusung Anies Baswedan.

Kabar banteng akan mengusung duet Pramono-Rano pertama kali diungkap Bendahara Umum PDIP, Olly Dondokambey.

“Ibu Ketum menunjuk Mas Pram (Pram) berduet dengan Rano untuk Jakarta,” kata Olly, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Hari ini, rencananya pasangan Pram-Rano akan langsung mendaftar ke KPUD Jakarta pukul 11 siang. Untuk kelengkapan pendaftaran, Pram juga sudah mengurus beragam persyaratan. Sekretaris Kabinet itu, sudah memengajukan 3 SK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di hari Selasa, 27 Agustus 2024. Ketiga SK tersebut berupa SK sedang tidak menjadi terdakwa, SK tidak dicabut hak politiknya, dan SK tidak punya utang.

Selain SK dari pengadilan yang sudah keluar, kabar Pram-Rano akan mendaftar ke KPUD juga diketahui dari selebaran yang viral di medsos.

“Pak Pram besok mendaftar jam 11.00 di KPU sama Rano Karno,” kata Olly. “Tadi Pak Pram telepon saya, ‘Pak Olly, saya daftar jam 11.00 WIB’,” tambah Olly, menirukan ucapan mantan Sekjen PDIP tersebut.

Ditanya apa alasan PDIP urung memilih Anies, Olly enggan memberikan keterangan lebih jelas.

Mencuatnya nama Pramono, setelah dihari sebelumnya PDIP batal mengumumkan Anies sebagai Cagub Jakarta. Padahal sejak Senin (26/8/2024) pagi, Anies sudah berada di markas Banteng, di Jalan Diponegoro, Jakarta.

Anies yang memakai kain tenun warna merah bahkan sudah foto bareng dengan Rano dengan posisi duduk bersebelahan. Keduanya, sejak beberapa hari ini memang santer diberitakan bakal berpasangan. Namun, hingga waktu pengumuman tiba, Anies justru tidak terlihat di lokasi acara. PDIP juga batal mengumumkan Cagub-Cawagub Jakarta.

Risma Tantang Khofifah

Setelah di Banten, Jakarta, dan Jawa Tengah, PDIP dikabarkan juga sudah memutuskan jagoan yang akan diusung di Jatim untuk melawan pasangan Khofifah-Emil Dardak. Cagub yang akan diusung adalah Tri Rismaharini yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial.

“Kalau Jawa Timur, Ibu Risma insya Allah confirmed. Besok akan diumumkan” kata Said Abdullah, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Siapa pendamping Risma? Said bilang masih dibahas. Apalagi, PDIP juga masih membuka komunikasi dengan PKB terkait ajakan koalisi di Pilgub Jatim. Termasuk komunikasi dengan para alim ulama se-Jatim.

“Kita memerlukan berbagai elemen masyarakat untuk diajak bicara,” imbuh Ketua DPD PDIP Jatim itu.

Namun, Sejauh ini nama yang beredar akan dipasangkan dengan Risma adalah kader PDIP yang juga Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Pasangan Risma-Arifin akan maju, bila PKB batal berkoalisi dengan PDIP.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo