TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Golkar Hormati Niat Anies Buat Partai

Oleh: Farhan
Selasa, 03 September 2024 | 10:46 WIB
Ace Hasan Syadzili Ketua DPD Golkar Jawa Barat. Foto : Ist
Ace Hasan Syadzili Ketua DPD Golkar Jawa Barat. Foto : Ist

JAKARTA - Partai Golkar menghormati rencana Anies Baswedan mendirikan parpol atau ormas usai gagal meraih tiket di Pilkada Serentak 2024. Setiap warga negara dijamin undang-undang untuk berpendapat, berserikat, dan berkumpul.

“Kalau kita berpolitik ya ha­rusnya sih melalui partai politik, jangan hanya mau mendapatkan kekuasaannya tetapi mengelola partainya tidak mau," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di Jakarta, kemarin.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini mengamini, setiap warga negara Indonesia ber­hak mendirikan ormas maupun parpol untuk mengakomodir perjuangan politik. Termasuk, rencana mendirikan ormas atau parpol.

“Menurut saya ya kita kem­balikan itu hak siapapun untuk mendirikan parpol,” katanya. Pun, jika ingin berpolitik dan meraih kekuasaan, maka salah satu jalur perjuangannya adalah melalui partai politik.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat ini mengingatkan, Anies atas pemikiran bahwa kegagalan meraih tiket di Pilkada karena partai politik yang ada saat ini dalam kondisi disandera kekua­saan. Dijelaskannya, termasuk Partai Golkar, memiliki kesepakatan yang dibangun dengan parpol lain di dalam koalisi yang telah dibentuk.

“Jadi masing-masing partai itu ya memiliki kebijakannya sendiri-sendiri. Soal penilaian seperti apa dikembalikan kepada rakyat,” katanya.

Partai Golkar, imbuh dia, se­lama ini dikenal sebagai parpol yang selalu berada di dalam Pemerintahan. "Jadi tentu kami memiliki visi misi serta kebi­jakan sendiri," kata Ace.

Diketahui, Anies Baswedan berencana membuat sebuah partai atau ormas seusai gagal mendapatkan tiket maju Pilkada.

“Bila mengumpulkan seluruh semangat perubahan yang seka­rang makin hari semakin terasa besar dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh,” tutur Anies dalam siaran langsung di akun YouTube pribadinya, Jumat (30/8/2024).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini meminta masyarakat dapat menunggu terealisasinya niatan tersebut. Dia berharap, prosesnya dapat segera selesai dan langsung mengakomodir suara perubahan rakyat.

“Kita lihat sama-sama ke depan, semoga tidak terlalu lama lagi kita bisa mewujudkan langkah-langkah konkret untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini makin hari ma­kin membesar, menginginkan Indonesia yang lebih setara, de­mokrasi yang lebih sehat. Politik yang lebih mengedepankan policy, gagasan,” jelasnya.

Anies juga sempat mengung­kapkan berbagai partai tersan­dera kekuasaan untuk memasuk­kan Anies sebagai kader atau anggotanya. "Nah gini, kalau masuk partai, pertanyaannya partai mana yang tidak tersan­dera oleh kekuasaan,” tutur Anies.

"Jangankan dimasuki, men­calonkan saja, terancam, agak berisiko juga bagi yang mengu­sulkan, Jadi, ini adalah sebuah kenyataan nih. Kita lihat saja ke depannya,” imbuhnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo