TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pentingnya Peran Guru Penggerak, Pilar : Penggerak Sistem Pendidikan Lebih Inovatif

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 19 September 2024 | 19:49 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT -  Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan mengakui betapa pentingnya peran guru penggerak dalam sistem pendidikan di wilayahnya. 

Menurutnya, guru penggerak bukan sekadar memiliki peran sebagai pendidik di sekolah semata. Namun lebih dari itu, guru penggerak merupakan aktor utama dalam perbaikan sistem pendidikan di wilayahnya. 

"Peran mereka sangat strategis bagi kami dalam menggerakan program. Guru penggerak menjadi motor bagi organisasi sekolah kita. Jadi bukan hanya sebagai syarat menjadi pimpinan di sekolah. Tapi juga menjadi motivasi bagaimana mengegrakan sisem pendidikan di sekolah menjadi inovatif dan lebih baik lagi," ujar Pilar di Puspemkot Tangsel. 

Melalui pengaruhnya itu, Ia berharap agar sekolah-sekolah di wilayahnya dapat mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan berdaya saing.

"Output-nya bagus, secara akademik, karakter building, disiplin, kejujuran, serta hal lainnya menjadi lebih bagus. Saya merasakan peran guru itu sangat penting sekali," harap Pilar.

Selain sebagai pendidik formal di sekolah, Pilar menyebut bahwa guru juga berperan sebagai orang tua kedua di sekolah. 

Dengan porsi waktu pertemuan yang cukup banyak, menurutnya guru juga turut berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. 

"Mayoritas waktu anak itu di sekolah ada bersama guru. Orang tua menitipkan anaknya kepada guru. Supaya dilatih dan dibentuk karakter mentalnya menjadi baik. Mulai dari kecerdasannya, kejujuran, hingga kedisiplinan," jelasnya. 

Maka dari itu, Ia berpesan kepada guru penggerak yang ada di wilayahnya untuk dapat terus mengembangkan kemampuannya. Terutama di zaman digitalisasi ini.

"Di mana anak dapat mudah sekali menerima informasi dari mana pun. Tak akan bisa ditahan.

Bagus atau tidaknya anak, itu ada dalam genggaman kita. Bukan hanya sekadar nilai akademis. Itu tidak cukup, anak kita juga harus punya karakter yang kuat," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo