TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Groundbreaking Proyek Perdana Investor Asing Di IKN

Laporan: AY
Kamis, 26 September 2024 | 09:46 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Invesatasi asing akhirnya masuk juga ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Rabu(25/9/2024), Presiden Jokowi langsung melakukan groundbreaking 3 proyek yang berasal dari 3 negara. Dengan telah masuknya investor asing ini, Jokowi optimis IKN menarik buat investasi.

Tiga investasi asing tersebut berasal dari Australia, Rusia, dan China. Proyek investasinya beda-beda. Investor asal Australia mendirikan lembaga pendidikan yang bernama Campus Australian Independent School (AIS) Nusantara. Pembangunannya di atas lahan seluas 7.900 meter persegi.

AIS ini dirancang bisa menampung sekitar 750 siswa dari jenjang pre-school hingga high school (SMA). Fasilitas yang ditawarkan oleh kampus ini juga berstandar internasional. Mencakup ruang belajar modern, serta berbagai fasilitas olahraga dan rekreasi.

Dengan pengalaman 28 tahun di bidang pendidikan, AIS diharapkan dapat menghadirkan pendidikan berkualitas dunia di IKN. Selain itu, AIS juga diharapkan dapat memberikan pilihan pendidikan terbaik bagi masyarakat yang tinggal di Nusantara. 

Proyek Kedua berasal dari investor Rusia. Di bawah holding PT Magnum Investment, perusahaan berpaspor Rusia itu, akan membangun kawasan hunian dan komersial. Antara lain, Magnum Resort Nusantara. 

Resort tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektar (ha) dengan nilai investasi Rp 300 miliar. Menjadikan resort tersebut sebagai hunian mewah eksklusif dan berkualitas. 

Terakhir, Jokowi melakukan groundbreaking Delonix Nusantara, perusahaan asal China di bawah holding Delonix Group. Nilai investasi yang masuk Rp 500 miliar. Proyek pembangunannya di atas lahan 24 ribu meter persegi. 

Delonix Nusantara akan membangun kawasan properti mixed-use yang mencakup berbagai fasilitas. Misalnya hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan pusat olahraga, serta kebugaran. 

Delonix Group merupakan perusahaan yang telah mengoperasikan lebih dari 1.600 properti hotel di berbagai negara. Dengan pengalamannya itu, perusahaan ini diharapkan menjadi salah satu pelopor investasi asing yang berkontribusi besar dalam pengembangan IKN. Selain itu, Delonix Nusantara juga akan menjadi salah satu bagian penting dalam membangun masa depan IKN. 

"Tadi pagi, telah kami lakukan peletakan batu pertama investasi asing sudah masuk ke IKN dari Australia sektor pendidikan, serta Rusia dan China sektor properti," kata Jokowi, saat meresmikan Delonix Nusantara, IKN, Kalimantan Timur.

Dengan masuknya 3 investor asing dari 3 negara, jadi pertanda IKN mulai diminati investor mancanegara. Kehadiran Delonix Nusantara, Magnum Resort dan AIS menjadi bukti bahwa IKN merupakan lokasi menarik dan menjanjikan bagi pelaku bisnis internasional.

"Mulai berdatangan investasi-investasi dari mancanegara yang memberikan kepercayaan dan rasa confident kita, bahwa Nusantara adalah lokasi yang sangat menarik bagi sebuah investasi," ujar Presiden. 

Presiden juga mengungkapkan, beberapa investor asing, termasuk dari Rusia, telah menyatakan kekaguman mereka terhadap IKN. Dalam pertemuannya dengan dua investor asal Rusia, Igor Maksimov dan Stanislav Sadovnikov, keduanya mengakui IKN merupakan lokasi terbaik yang pernah mereka lihat untuk berinvestasi.

"Karena Nusantara akan menjadi kota internasional dengan seluruh fasilitas yang dimiliki," papar Jokowi. 

Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan, sudah banyak investor asing yang menandatangani Letter of Intent (LoI). Namun, tidak semua langsung disetujui. Karena harus melalui seleksi terlebih dahulu, disesuaikan konsep pembangunan ibu kota baru Indonesia.

"Disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada di IKN. Akan terbangun sebuah ekosistem yang baik sehingga Nusantara menjadi lokasi yang menarik," ungkap Jokowi. 

Kepala Negara juga mengajak para investor untuk ramai-ramai menanamkan sahamnya di IKN. Sebab, saat ini harga tanah di IKN masih relatif terjangkau. "Tahun depan sih, kita nggak tahu. Bisa aja dua kali atau tiga kali lipat. Bahkan bisa juga lima atau 10 kali lipat. Jadi, kalau mau investasi, tahun ini," bebernya. 

Selain meresmikan tiga investasi asing, Presiden juga meresmikan dua investasi dalam negeri. Yaitu, Teras Hutan IKN by Plataran dan D’Prima Hotel Nusantara. Jokowi kemudian kembali menegaskan pentingnya investasi di IKN. Menurutnya, apabila investor menanamkan sahamnya di Nusantara, maka investor tersebut seperti membeli suasana yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

"Investasi di IKN adalah membeli masa depan, membeli suasana yang kita tidak dapatkan di tempat lain," kata Presiden. 

Terima Tamu DI IKN

Usai melakukan groundbreaking 3 proyek asing, di hari yang sama Presiden menerima kunjungan Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama Indonesia (AFKUBI) dip Istana Negara, IKN. Dihadapan para pemuka agama itu, Jokowi menegaskan, IKN akan menjadi kota masa depan dengan emisi rendah.q

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan ucapan selamat datang di IKN. Kota ini ke depan akan menjadi kota hijau dengan emisi paling rendah," kata Jokowi, di Istana Negara, IKN, Rabu (25/9/2024).

"Supaya Bapak Ibu tahu, di sini air quality index-nya, indeks kualitas udaranya itu di angka 6. Padahal maksimal itu 50. Tapi, di sini hanya 6, dan di Jakarta kira-kira hariannya 190. Bukan hanya di Jakarta, di Jabodetabek atau di Jawa, rata-rata sudah di atas 100," ujarnya.

Jokowi mengatakan, IKN merupakan gambaran kota masa depan. Kota yang hijau dengan emisi rendah dan banyak ruang terbuka hijau. Terbukti, indeks kualitas udara di IKN berada di angka 6. Jauh lebih baik dengan indeks kualitas udara di Pulau Jawa yang sudah berada di atas 100.

"Inilah gambaran kota masa depan kota hijau dengan emisi rendah, kota yang ramah karena banyak ruang terbuka hijaunya," ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo