TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hari Pertama Kampanye Rido Ziarah, Pramono Belanja Masalah

Laporan: AY
Kamis, 26 September 2024 | 09:58 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Mengawali hari pertama kampanye, Rabu (25/9/2024), Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta langsung tancap gas ke sejumlah lokasi. Pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono, berziarah ke makam tokoh nasional dan budayawan Betawi. Sementara, Cawagub nomor urut 3, Rano Karno, blusukan ke Pasar Jaya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Ridwan Kamil-Suswono berziarah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak. Ridwan Kamil nampak mengenakan kaos panjang putih yang dibalut rompi coklat. Sementara, Suswono memakai kemeja panjang putih. Pasangan yang disingkat RIDO ini, kompak menggunakan peci hitam dan celana coklat.

Pertama-tama, menyambangi makam Muhammad Husni (MH) Thamrin. Keduanya nampak memanjatkan doa sekaligus menabur bunga hingga menyirami air mawar.

Selanjutnya, jagoan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus ini, mengunjungi makam seniman dan tokoh asal Betawi, Benyamin Sueb serta Haji Lulung Lunggana. Terakhir, keduanya menghampiri makam istri proklamator Bung Karno, Fatmawati.

Sebelum meninggalkan lokasi, Ridwan Kamil menjelaskan alasannya berziarah ke makam tokoh nasional dan budayawan Betawi. Dia menyebut MH Thamrin sosok yang mendorong pentingnya pembangunan kampung-kampung.

Lalu, berziarah ke makam Ibu Negara pertama RI, Fatmawati, karena ingin mendapat pelajaran soal memperjuangkan kebahagiaan keluarga. Ia juga mengaku belajar dari Benyamin dan Haji Lulung soal pentingnya pengembangan kebudayaan, khususnya budaya Betawi sebagai dasar pembangunan Kota Jakarta.

Selain berziarah, pasangan RIDO melanjutkan kampanye dengan blusukan menemui warga Jakarta.

Sementara, pasangan Cagub dan Cawagub Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno, memilih berpencar di hari pertama kampanye. Pramono bertemu tokoh, sedangkan Rano ke pasar.

Pramono melakukan pertemuan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta di Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara, untuk belanja masalah. Sedangkan Rano blusukan ke Pasar Jaya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Pramono mengatakan, setelah melakukan rapat dengan tim kampanye internal, pihaknya sengaja memperbanyak agenda silaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat pada hari pertama kampanye.

Sehari dua hari ini kami lebih banyak door to door, bersilaturahmi,” ujar mantan Sekretaris Kabinet ini.

Sedangkan Rano mengunjungi Waduk Brigif, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dan blusukan di Pasar Jaya Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Mantan Gubernur Banten itu tampil dengan jersey berwarna oranye bertuliskan “Jakarta Menyala” yang merupakan slogan yang diusungnya bersama Pramono.

Rano tiba di Pasar Lenteng Agung sekitar pukul 08.29 WIB. Pemeran Si Doel Anak Sekolahan ini kemudian berkeliling pasar dan menemui pedagang maupun pengunjung. Di sini, Rano menyerap aspirasi pengunjung pasar yang banyak mengeluhkan tarif parkir mahal dan daya tampung lahan yang tidak memadai.

Merespons keluhan itu, Rano menilai, lonjakan penduduk menjadi salah satu penyebab utama. Ia berjanji akan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan jika nantinya terpilih dalam Pilkada Jakarta.

“Nanti begitu saya mungkin di Balai Kota, tentu ini akan kami evaluasi,” janjinya.

Di dunia maya, aksi Ridwan Kamil, Suswono, Pramono, dan Rano, jadi bahan obrolan para warganet.

“Kampanye dimulai. Bang Rano ‘Doel’ Karno mengunjungi Waduk Brigif Jagakarsa. Berkeliling, menyapa warga, nyarap dan foto bareng sambil mengenang lokasi syuting bareng Yessy Gusman dulu. Emang orang Betawi yang pantes mimpin Jakarta,” tulis akun @tnmuda.

Akun @raynar_jr ikut memberikan dukungan. “Bang Doel makin menyala,” sahutnya.

Sedangkan akun @zayyakoe membahas janji Pramono-Rano yang akan menghadirkan kampanye riang gembira pada Pilkada Jakarta 2024. “Mantul. Mas Pram-Bang Doel berkomitmen untuk melaksanakan pemilu damai agar Jakarta menyala,” ujarnya.

Yang dukung RIDO juga memberi komentar. “Pemimpin inovatif, berprestasi, berpengalaman. Saya yakin untuk menjadikan Ridwan Kamil pilihan terbaik di Jakarta,” tulis akun @Awanazwaa12.

“Dukung selaluuu, kemenangan Ridwan Kamil sudah di depan mata Kang,” sahut @zulfamilaa1. “Siap pilih Ridwan Kamil jadi pemimpin Jakarta!” timpal @nisa_piloyufa.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo