TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Timnas Cuma Butuh Seri Lawan Yaman, Begini Skenario Lolos Piala Asia U-20

Laporan: Dzikri
Minggu, 29 September 2024 | 11:51 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 hanya butuh hasil imbang menghadapi Yaman U-20 untuk bisa lolos Piala Asia U-20 tahun depan.

Dijadwalkan, Skuad Garuda Muda akan menjalani pertandingan ketiga atau terakhir melawan Yaman pada kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada Minggu (29/9/2024) di Stadion Madya Senayan mulai pukul 19.30 WIB.

Anak asuh Indra Sjafri hanya butuh hasil seri dalam laga melawan tim asuhan Ahmed Ali Qasem tersebut untuk menjadi menjadi juara grup. Namun, pasukan Indra Sjafri bertekad menyabet kemenangan meski itu tidak akan mudah.

“Saya yakin tidak segampang dan sebanyak dua pertandingan sebelumnya, saat kita melawan Yaman. Oleh karena itu sedikit apa pun (harapan) tolong yang kita dapat harus bisa dimaksimalkan,” ujar Indra Sjafri.

Menghadap Yaman, Indra berharap anak asuhnya melupakan kemenangan besar melawan Timor Leste dan Maladewa.

“Saya pikir kedua tim akan bermain harus menang, karena dengan kemenangan itu mereka akan bisa lolos ke Piala Asia. Oleh sebab itu, kami akan fokus ke pertandingan dan melupakan dua pertandingan sebelumnya. Mudah-mudahan besok para pemain tampil pada puncak penampilan,” kata Indra.

Laga ini akan menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara grup F. Tim yang menang dalam pertandingan ketiga ini akan lolos putaran final Piala Asia 2025 yang digelar di Tiongkok. 

Indonesia saat ini menjadi pemimpin grup F dengan enam poin setelah menang 4-0 atas Maladewa pada Rabu (25/9/2024) dan menundukkan Timor Leste 3-1, Jumat (27/9/2024). Yaman berpoin enam di posisi runner up.

Indonesia unggul lewat faktor produktivitas gol dibandingkan Yaman, yang hanya mencetak enam gol dari jumlah laga serupa. Kedua tim sama-sama baru sekali kebobolan dari lawan yang sama yakni Timor Leste.

Kemenangan atas Yaman akan membuat Indonesia U-20 sempurna alias mengoleksi sembilan poin dan lolos pada Piala Asia U-20. Sementara itu, Yaman akan finis di peringkat kedua dan akan menunggu hasil dari grup lain untuk menentukan klasemen peringkat kedua terbaik.

Jika imbang, Indonesia lolos ke Tiongkok tahun depan. Jens Raven dkk unggul selisih gol atas Yaman, sehingga jika pertandingan berakhir seri, maka Indonesia akan tetap finis sebagai juara grup.

Namun jika Indonesia kalah lawan Yaman, Indonesia finis sebagai runner-up Grup F dan akan menunggu hasil dari pertandingan di grup lain.

Babak kualifikasi Piala Asia U-20 grup F diikuti empat tim, yakni Indonesia, Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. Babak kualifikasi diikuti 45 tim yang dibagi ke dalam 10 grup. Grup A, B, C, D, dan E berisi lima peserta.

Sementara grup lainnya berisi empat tim. Juara dan lima runner-up grup terbaik bakal lolos ke putaran final yang digelar tahun depan di Tiongkok. 

Tiongkok akan menjadi tuan rumah putaran final kejuaraan yang rencananya akan digelar pada 6-23 Februari 2025 mendatang. Uzbekistan adalah juara bertahan setelah dalam final Piala Asia U-20 2023 menundukkan Irak 1-0.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo