TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

2 Proyek Jalan di Lebak Selatan Selesai Akhir Tahun

Laporan: Yuliawati Saripudin
Selasa, 01 Oktober 2024 | 09:00 WIB
Plh Sekda Banten Virgojanti bersama Ketua DPUPR Arlan Marzan saat melaksanakan monitoring pembangunan jalan di Lebak, pada Minggu, (29/9).
Plh Sekda Banten Virgojanti bersama Ketua DPUPR Arlan Marzan saat melaksanakan monitoring pembangunan jalan di Lebak, pada Minggu, (29/9).

LEBAK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banten terus berbenah membangun infrastruktur jalan. Di wilayah Lebak Selatan saja terdapat dua ruas jalan yang tengah dikerjakan, yakni pembangunan ruas jalan Cikumpay-Ciparay dan Simpang-Beyeh.

Kepala Dinas PUPR Banten, Arlan Marzan mengatakan, pembangunan ruas jalan Cikumpay-Ciparay tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir 2024 mendatang sesuai arahan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

"Ruas jalan Cikumpay-Ciparay eks Kabupaten Lebak ini yang sedang kami kerjakan dan akan selesai pada akhir tahun 2024 ini," kata Arlan saat melaksanakan monitoring bersama Plh Sekertaris Daerah Virgojanti, di Lebak, pada Minggu, (29/9).

Dalam pembangunan ini, tambah Arlan, Pj Gubernur Banten Al Muktabar memberi arahan langsung untuk langkah-langkah percepatan. Bahkan Al Muktabar dipastikan turut memantau tepat mutu dan sesuai spesifikasi kontrak.

"Pak Pj Gubernur Banten, memberi arahan langsung untuk langkah-langkah percepatan agar pekerjaan sesuai mutu dan spesifikasi kontrak serta kegiatan pembangunan ruas jalan Cikumpay-Ciparay ini dimonitoring langsung oleh Walpam Kejati Banten dalam proses pembangunannya," terangnya.

Ia mengatakan, pihak penyedia menggunakan material semen yang sesuai spesifikasi yang disediakan oleh PT Cemindo Gemilang. Adapun informasi mengenai penggunaan semen karungan bahkan isu semen rijek itu kata dia, tidak benar adanya.

"Adanya material semen sisa yang berjatuhan saat mobilisasi itu langsung dibersihkan dan dimasukan kedalam karung kemudian dihibahkan untuk dapat dimanfaatkan warga sekitar," kata Arlan.

Arlan juga menyatakan siap memberikan data untuk mengklarifikasi atas misinformasi yang beredar. "Supaya tidak adalagi menduga-menduga itu," tambahnya.

Monitoring berlanjut dengan mengunjungi ruas jalan Simpang-Beyeh yang pada tahun ini juga dilaksanakan pembangunannya menggunakan dana APBD Provinsi Banten dengan nilai kontrak Rp 17,5 miliar. Di mana pekerjaannya sudah selesai 100 persen dan hasil pembangunannya dinilai sangat baik.

Arlan mengatakan, bahwa saat ini sedang dilaksanakan uji mutu beton. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas pekerjaan sesuai spesifikasi dalam kontrak sebelum dilaksanakan pembayaran.

"Kami sangat berterimakasih atas dukungan masyarakat setempat atas pembangunan jalan ini, dan tentu kami mohon doanya agar pembangunan di seluruh jalan kewenangan provinsi dapat berjalan dengan baik dan tentu dengan kualitas yang baik pula" kata Arlan.

"Masyarakat membawakan makanan untuk pekerja dilapangan, ini benar-benar baru saya temukan selama saya bekerja di PUPR. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih," tambahnya.

Sementara itu, Plh Sekda Banten Virgojanti menyampaikan saat ditemui di lokasi kunjungan jalan Simpang-Beyeh. Menurutnya hasil pekerjaan tersebut kalau dilihat secara umum sudah cukup baik.

Dikatakannya, keberadaan jalan harus memberikan manfaat bagi masyarakat. Apalagi ruas jalan Cikumpay-Ciparay dan Simpang-Beyeh adalah akses strategis masyarakat pelaku usaha dan warga di wilayah Banten selatan.

Terutama bagi kemudahan dalam melakukan aktivitas sosial dan ekonomi. Manfaat tersebut tidak akan masyarakat peroleh kalau jalannya sendiri rusak parah seperti sebelumnya.

Tidak hanya itu, sambung Virgojanti, Pj Gubernur Banten akan terus memprioritaskan pembangunan jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Banten khususnya jalan eks jalan Kabupaten/Kota yang telah ditingkatkan statusnya menjadi jalan Provinsi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo