TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dasco: Belum Ada Pembicaraan Calon Menteri Dari PDIP

Laporan: AY
Rabu, 09 Oktober 2024 | 09:47 WIB
Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco. Foto : Ist
Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco. Foto : Ist

JAKARTA - Kabar PDIP masuk kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka viral seminggu terakhir. Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad buka suara. Kata dia, sampai saat ini, belum ada pembicaraan soal menteri dari Banteng.

Dasco tak membantah, partainya tengah menjalin komunikasi dengan PDIP. Namun, dia memastikan tak ada pembahasan spesifik mengenai jatah menteri.

“Proses dengan PDIP ini belum ada pembicaraan mengenai nama-nama yang akan masuk,” ungkap Dasco, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Wakil Ketua DPR itu juga mengatakan, pembahasan Gerindra dengan PDIP, bahkan dengan anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebatas program atau pemenuhan janji kampanye Prabowo-Gibran. Tak ada spesifik ke arah kabinet.

“Kami minta kepada para pihak untuk menunggu saja perkembangannya sambil kita fokus pada pelantikan,” ujarnya.

Lalu apa kata PDIP? Politisi muda PDIP, Aryo Seno Bagaskoro mengungkapkan, tidak ada arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyiapkan kader untuk dijadikan menteri.

“Harus saya sampaikan, sampai hari ini, saya dan teman-teman di internal tidak ada yang mendengar, dan tidak ada arahan apapun untuk mempersiapkan nama-nama,” aku Seno di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Lagipula, kata dia, untuk masuk koalisi, PDIP bukan hanya harus mendapat restu dari Mega, tetapi juga harus mendapat persetujuan dari kongres.

Untuk diketahui, beredar kabar PDIP akan masuk kabinet. Ada tiga nama dari PDIP yang disebut-sebut masuk kabinet. Mereka adalah Budi Gunawan, Olly Dondodokambey, dan Azwar Anas.

Saat dikonfirmasi, Azwar tak tahu namanya masuk calon menteri di kabinet Prabowo. Menurut dia, pihaknya masih fokus menyelesaikan berbagai tugasnya di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Fokus kami sekarang bekerja, pekerjaan banyak banget seperti hari ini,” kata Anas, Selasa (8/10).

Anas mengatakan, yang mengetahui penyusunan nama-nama menteri pada pemerintahan baru adalah partai politik dan calon Presiden terpilih. “Itu yang tahu beliau-beliau,” tutupnya.

Sementara, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menilai, apa yang disampaikan Dasco mencerminkan masih ada tarik ulur atau ada yang belum tuntas dalam penentuan menteri.

“Semuanya akan terjawab pasca pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto,” ujarnya, Selasa (8/10/2024).

Dia menilai, PDIP juga masih setengah-setengah gabung Pemerintahan Prabowo. Di sisi lain, dorongan agar PDIP di luar Pemerintahaan juga sangat kuat untuk menjaga suara konstituen, sekaligus menjadi kanal strategis bagi para oposan.

“Dengan begitu, elektoralnya dapat dipetik pada Pemilu 2029,” katanya.

Sebelumnya, Prabowo dan Mega akan melakukan pertemuan. Politisi PDIP Olly Dondokambey mengatakan, pertemuan Mega-Prabowo keduanya akan berlangsung pertengahan bulan ini. “Antara 12 Oktober sampai 15 Oktober 2024,” kata Olly.

Ia juga sudah berkomunikasi dengan Dasco untuk mengatur jadwal dan lokasi pertemuan. Namun, dirinya enggan memberitahukan materi yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo