TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menteri-menteri Terbaik Jokowi Akan Lanjut Ikut Kabinet Prabowo-Gibran

Laporan: AY
Kamis, 10 Oktober 2024 | 10:05 WIB
Makan malam bersama Presiden Jokowi bersama Prabowo. Foto : Ist
Makan malam bersama Presiden Jokowi bersama Prabowo. Foto : Ist

JAKARTA - Presiden terpilih, Prabowo Subianto mulai membocorkan sosok para menteri yang akan diangkatnya. Prabowo mengakui banyak menteri di kabinet Jokowi yang keren-keren. Karena itu, Prabowo pun tak ragu akan kembali memakai menteri-menteri terbaik di era Jokowi di kabinetnya nanti.

Hal itu disampaikan Prabowo saat berpidato di acara BNI Investor Daily Summit, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (9/10/2024). Awalnya, Prabowo mengungkapkan, dalam masa transisi ini, banyak dibantu oleh Presiden Jokowi dan tim.

Setelah itu, Prabowo mengungkapkan bocoran susunan kabinetnya nanti. Rupanya, kabinet Prabowo nanti akan banyak diisi menteri-menteri era Jokowi. “Dalam menyusun kabinet, saya melihat, banyak juga ya yang berada di kabinet yang sekarang," ucap Menteri Pertahanan tersebut.

Pilihan itu diambil karena Prabowo melihat sendiri banyak menteri terbaik yang duduk di kabinet Jokowi. Jika menteri-menteri tersebut dirasa masih bagus, Prabowo pun akan mengajaknya untuk bergabung di pemerintahannya.

"Pak Jokowi mencari yang terbaik, saya pun demikian. Kalau kebetulan orangnya masih bagus, pasti kita akan minta untuk ikut lagi," ujar Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Prabowo menegaskan, akan mencari orang-orang terbaik untuk masuk dalam kabinet nanti.

Dalam mencari figur yang tepat ini, Prabowo takkan melihat latar belakang orang-orang tersebut. Baik dari sisi keluarga, agama, suku, dan ras. Yang akan dilihat Prabowo adalah kemampuan dan kapasitas orang tersebut. “Dia mampu atau tidak, dia bisa atau tidak, dia berjuang atau tidak. Mampu nggak dia deliver, mampu nggak dia berbuat yang terbaik untuk bangsa dan rakyat. Nah, itu yang kita cari," jelasnya.

Sementara, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, membocorkan tahapan penyusunan kabinet. Dia menyebut, para calon menteri sudah mulai dipanggil Prabowo.

Muzani memastikan, kabinet Prabowo akan diisi tokoh-tokoh berkualitas. Termasuk sosok-sosok yang ada di kabinet Presiden Jokowi sekarang. Namun, Ketua MPR ini mengaku belum tahu siapa saja menteri Jokowi yang akan dipilih Prabowo.

"Saya nggak paham satu per satu," kata Muzani, di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Muzani lalu mengutip pernyataan Prabowo bahwa nama-nama dari kabinet Pak Jokowi yang bagus-bagus akan dipakai untuk membantu beliau. “Jadi, nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai," tambahnya. 

Para calon menteri itu, kata Muzani, sudah dipanggil Prabowo. "Orang dan nomenklatur sudah mulai disusun dan bahkan sudah mulai ada yang dipanggil, tapi nggak termasuk saya ya," imbuhnya.

Sedangkan, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad berbicara mengenai pertemuan Prabowo-Jokowi, di Restoran Plataran Hutan Kota, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024) malam. Dasco bilang, dalam pertemuan itu, Prabowo dan Jokowi sempat membicarakan soal kabinet. 

"Secara umum mungkin ada satu dua disampaikan dan saya juga belum tahu responsnya bagaimana," imbuh Dasco, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo