TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jobfair SMKN 5 Tangsel Tawarkan 350 Lowongan Pekerjaan Bagi Alumni

Laporan: Irma Permata Sari
Senin, 14 Oktober 2024 | 10:47 WIB
PJs Walikota Tangsel Tabrani saat kunjungan ke SMKN 5 Tangsel, Senin (14/10). Foto : Ist
PJs Walikota Tangsel Tabrani saat kunjungan ke SMKN 5 Tangsel, Senin (14/10). Foto : Ist

PAMULANG -  Pjs Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Tabrani, membuka Nilmatan Jobfair 2024 di SMKN 5 Tangsel, Pamulang, Senin (14/10).

Acara yang berlangsung selama dua hari ini mengusung tema "Jembatan Emas Menuju Sukses", dengan tujuan untuk memfasilitasi lulusan SMK dalam memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Dalam acara tersebut, turut hadir perwakilan dari beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. 

Job fair ini diharapkan menjadi wadah yang efektif bagi para siswa dan alumni SMKN 5 Tangsel untuk menemukan peluang kerja sesuai dengan kompetensi mereka.

Kepala SMKN 5 Tangsel, Rohmani Yusuf, dalam wawancara khususnya dengan awak media, menyampaikan bahwa terdapat 350 lowongan pekerjaan dari 22 perusahaan yang berpartisipasi. 

Namun, dari 22 perusahaan tersebut, hanya 10 yang secara langsung membuka lowongan.

“Tiap tahunnya, penyerapan siswa kami cukup signifikan. Berdasarkan data sebanyak 68% lulusan bekerja, 16,8% melanjutkan pendidikan, sementara sisanya berwirausaha atau melanjutkan ke perguruan tinggi,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini SMKN 5 Tangsel memiliki lebih banyak lowongan pekerjaan dibandingkan jumlah alumninya.

“Alumni kami tahun ini hanya 311, namun kami mampu memfasilitasi lebih dari jumlah lulusan yang kami keluarkan pada tahun 2023 dan 2024. Ini artinya, jika para alumni antusias dalam merespons kegiatan ini dan ingin bekerja, logikanya tidak ada yang menganggur,” tambah Rohmani.

Sementara Pjs Walikota Tangsel Tabrani, 

bahwa penyelenggaraan SMK harus mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang kompeten. 

"Lulusan SMK harus siap menjadi tenaga kerja ahli di bidangnya, meskipun pilihan pasca-lulus, seperti melanjutkan studi atau berwirausaha, adalah hak masing-masing individu," kata Tabrani.

Tabrani juga berharap bahwa kegiatan job fair ini menjadi wujud nyata komitmen SMK Negeri 5 Tangsel dalam mendukung penyerapan tenaga kerja. 

"Saya ucapkan selamat dan sukses untuk acara ini. Semoga berjalan lancar dan memberikan manfaat besar bagi siswa dan alumni," tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo