TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran Terima Pimpinan MPR

Laporan: AY
Selasa, 15 Oktober 2024 | 08:53 WIB
Pimpinan MPR saat berkunjungan ke rumah Wakil Presiden terpilih Gibran. Foto : Ist
Pimpinan MPR saat berkunjungan ke rumah Wakil Presiden terpilih Gibran. Foto : Ist

JAKARTA - Seharian kemarin, 9 pimpinan MPR wara-wiri mengantarkan undangan. Dipimpin Ahmad Muzani, pimpinan MPR menemui Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto, dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming. Jokowi ditemui di Istana Negara, Ma’ruf Amin di rumah dinas, Prabowo di Kantor Kemenhan, sedangkan Gibran ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Prabowo jadi tokoh pertama yang didatangi pimpinan MPR. Selain Ahmad Muzani, hadir juga 8 pimpinan MPR lainnya ; Bambang Wuryanto (Bambang Pacul), Kahar Muzakir, Lestari Moerdijat, Rusdi Kirana, Hidayat Nur Wahid, Eddy Soeparno, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Abcandra Muhammad Akbar Supratman.

Rombongan Muzani tiba di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB. Rombongan masuk melalui gerbang utama Kemhan.

Setibanya mereka di kantor Menteri Pertahanan itu, terdengar suara terompet menyambut iring-iringan pimpinan MPR. Pertemuan pimpinan MPR dengan Prabowo digelar tertutup.

Dari Kantor Kemenhan, Muzani cs bergeser beberapa meter ke Istana Negara, Jakarta. Mereka akan bertemu langsung Presiden Jokowi guna menyampaikan undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Tak ada penjelasan, begitu 9 pimpinan MPR tiba di Istana. Muzani hanya bilang akan bertemu Jokowi untuk sampai undangan, sekaligus memperkenalkan pimpinan MPR yang baru periode 2024-2029.

“Mau memperkenalkan diri pimpinan MPR sekaligus menyampaikan undangan pelantikan presiden,” sebut Muzani sesaat sebelum bertemu Presiden.

Sekitar 1 jam bertemu Jokowi, Muzani kemudian memberikan keterangan kepada awak media. Kata Muzani, pihaknya telah menerima konfirmasi kehadiran Presiden Jokowi pada agenda pelantikan Prabowo-Gibran.

“Alhamdulillah, Pak Jokowi insya Allah berkenan untuk hadir pada hari Minggu yang akan datang,” ucap Muzani.

Muzani mengatakan pertemuannya dan jajaran dengan Presiden Jokowi berlangsung lancar. Bahkan pihaknya diterima dengan sangat baik oleh keluarga besar Istana Kepresidenan. Pertemuan sekitar satu jam itu dibuka dengan perkenalan dirinya beserta delapan pimpinan MPR kepada Presiden. Lalu berlanjut penyerahan undangan.

“Pertemuan berlangsung secara akrab, penuh canda dan ketawa dan berlangsung dengan banyak obrolan-obrolan ringan, dan semuanya dilangsungkan dengan suasana kekeluargaan yang hangat,” ujar Muzani.

Menurut Muzani, tidak ada pembicaraan yang serius di antara pimpinan MPR dengan Jokowi. Sebab, semuanya adalah teman lama yang rata-rata sudah dikenal Jokowi sebelumnya.

“Kami segenap pimpinan MPR menyampaikan terima kasih atas perkenan dan kesediaan Pak Jokowi untuk hadir pada acara pelantikan Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada hari Minggu yang akan datang,” tutur dia.

Setelah bertemu Jokowi, pimpinan MPR melanjutkan perjalanannya ke Rumah Dinas Wakil Presiden Ma’ruf Amin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, pimpinan MPR juga menemui Wakil Presiden Ma’ruf Amin di kediamannya di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Maksud dan tujuan MPR sama halnya ketika menemui Jokowi di Istana, yakni mengundang Ma’ruf Amin untuk menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran pada Oktober 2024.

Mereka tiba di kediaman Wapres sekitar pukul 15.10 WIB dan memasuki rumah dinas melalui gerbang utama. Menurut foto yang diperoleh dari Biro Pers Sekretariat Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menerima kedatangan para pimpinan MPR dengan mengenakan kemeja putih. Setelah itu mereka melakukan pertemuan tertutup.

Senada dengan Jokowi, menurut Muzani, Wapres Ma’ruf Amin juga menyambut baik undangan tersebut. Bahkan, Wapres berharap agar acara pelantikan berjalan dengan lancar dan penuh hikmat.

“Pertemuan ini merupakan langkah penting dalam memastikan kelancaran dan kesuksesan acara pelantikan yang merupakan tonggak penting dalam perjalanan demokrasi kita,” sebut Muzani.

Kepada Muzani, Wapres menyatakan bahwa acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan menjadi momen bersejarah yang diharapkan dapat disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia, serta mendapat perhatian dunia internasional.

Rencananya, puluhan kepala negara dan pemerintahan dari ASEAN dan wilayah sekitarnya akan hadir. “Ini menegaskan posisi Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia dengan proses transisi kekuasaan yang damai dan konstitusional,” tutup Sekjen Partai Gerindra itu.

Masih di kawasan Menteng, Muzani cs melanjutkan perjalannya. Mereka menemui Gibran Rakabuming yang sudah menunggu di Rumah Heritage, Menteng, Jakarta Pusat.

Kedatangan 9 pimpinan MPR ini disambut hangat oleh Gibran yang mengenakan batik lengan panjang berwarna coklat. Pertemuan itu digelar secara tertutup sejak pukul 15.54 WIB sampai dengan pukul 17.07 WIB.

Dalam pertemuan itu, Pimpinan MPR turut memperkenalkan masing-masing perwakilan dari fraksi partai politik dan DPD RI.

“Sore hari ini, Pimpinan MPR menemui Wakil Presiden terpilih Mas Gibran Rakabumung Raka, pertama kami memperkenalkan pimpinan MPR RI hasil Pemilu 2024, yang dilantik pada 3 Oktober 2024, keseluruhannya hadir,” kata Muzani.

Muzani menyebut, pihaknya mengundang kesediaan Gibran untuk hadir pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar di Gedung MPR RI, Minggu, 20 Oktober 2024. “Undangan sudah kami serahkan dan kami bersyukur Mas Gibran menyatakan akan hadir,” sambungnya.

Muzani menuturkan, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan digelar pada pukul 10.00 WIB di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. “Kami harapkan acara akan berjalan lancar khidmat dan baik,” ujar Muzani.

Dalam kesempatan itu, Gibran menyampaikan terima kasih atas undangan yang disampaikan Pimpinan MPR RI. Putra sulung Presiden Jokowi itu memastikan akan hadir dalam acara pelantikan tersebut.

“Terimakasih sudah meluangkan waktu menyampajkan undangan secara langsung, sekali lagi terimakasih mohon doanya agar acara nanti berjalan lancar,” pungkas Gibran.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo