TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Polres Tangerang Gelar Operasi Zebra Jaya Jelang Pelantikan Presiden

Oleh: mg.2
Rabu, 16 Oktober 2024 | 08:15 WIB
Ist.
Ist.

TANGERANG - Polres Metro Tangerang Kota menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Jaya 2024 di Lapangan Apel Kantor Polres Metro Tangerang Kota, Selasa (15/10). Kegiatan dilaksanakan sebagai persiapan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029.

Kapolres Metro Tangerang, Kota Zain Dwi Nugroho menjelaskan, Operasi Zebra Jaya melibatkan 188 personel gabungan dari TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Jasa Marga. Operasi ini bertujuan mendukung suksesnya pelantikan serta menjaga ketertiban berlalu lintas.

“Jadi kami bersama satuan lalu lintas dari Polres lainnya akan bersama-sama mengamankan ketertiban lalu lintas melalui operasi yang akan berjalan selama dua pekan ke depan,” ujar Zain.

Ia melanjutkan, Polres Metro Tangerang Kota juga bekerja sama dengan lintas sektoral lainnya untuk berfokus mengamankan berbagai potensi pelanggaran lalu lintas. Terdapat 14 pelanggaran yang akan disasar dalam operasi itu. Meliputi penggunaan rotator yang bukan peruntukan, penggunaan pelat rahasia, pengemudi di bawah umur, pengemudi yang melawan arus, pengemudi di bawah pengaruh alkohol, penggunaan ponsel saat berkendara dan tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kemudian, tidak melebihi batas kecepatan, pelanggaran marka jalan, serta kendaraan yang tidak layak, tidak dilengkapi perlengkapan standar, sampai tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Kami akan menggelar operasi tersebut secara rutin, berkala dan menyasar berbagai lokasi strategis untuk menciptakan suasana lalu lintas yang aman serta tertib pastinya,” ucapnya.

Ia mengaku telah memerintahkan jajarannya agar penindakan dilakukan dengan pendekatan yang humanis, simpatik dan profesional.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin mengimbau, masyarakat untuk menjaga kondusivitas menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Pelantikan tersebut akan berlangsung pada 20 Oktober mendatang.

“Tentunya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kami mengimbau masyarakat agar menjaga ketertiban umum. Hal ini penting untuk menciptakan suasana kondusif di tengah warga,” jelasnya.

Dirinya menambahkan bahwa Pemkot Tangerang mendukung penuh operasi cipta kondisi sebagai bentuk kolaborasi menjaga keamanan. Langkah ini menunjukkan komitmen Pemkot Tangerang dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Kami manfaatkan Operasi Zebra yang digelar Polda Metro Jaya sebagai upaya menjaga keamanan jelang pelantikan. Selain itu, operasi tersebut bertujuan meningkatkan tata kelola lalu lintas di Kota Tangerang,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo